oleh

Di Bangkalan, Cluster Pelayaran Dominasi Pasien Covid-19

MediaJatim.com, Bangkalan – Para pelayaran yang berdatangan dalam sebulan terakhir telah membuat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangkalan bekerja keras. Terutama petugas surveillance yang harus bekerja ekstra hati-hati dalam melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

Hari ini, Gugus Tugas Covid-19 telah mengkonfirmasi pasien ke-19 positif terpapar Covid-19. Adalah SP (40), seorang pelaut yang tiba di Bangkalan pada tanggal 13 April 2020.

Humas Gugus Tugas Agus Zain menyampaikan, saat dikunjungi petugas surveillance tanggal 18 April 2020 di rumahnya (Kecamatan Socah), SP tidak mengalami keluhan bahkan suhu tubuhnya 36,5 C. Sepuluh hari kemudian tepatnya tanggal 28 April 2020 dilakukan rapid tes dengan hasil positif.

Baca Juga:  PKK Desa Curah Cottok Produksi Jamu Cegah Covid-19

Pada hari itu juga siangnya dilakukan pemeriksaan Swab/PCR di RSUD Syamrabu Bangkalan dilanjutkan dengan isolasi ke Balai Diklat.

“Hari ini hasil pemeriksaan Swab/PCR dari BBTKL-PP Surabaya keluar dengan status positif. Malam ini juga pukul 19.30 WIB pasien dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan,” kata Agus Zain melalui keterangan tertulis, Jumat malam (8/5/2020).

Agus melanjutkan, dengan kasus cluster pelayaran ini, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan meminta peran aktif masyarakat khususnya dari keluarga yang memiliki anggota pelayaran supaya konsisten dalam melaksanakan protocol kesehatan Covid-19.

Baca Juga:  Kiai Ma'ruf Dilecehkan, PCNU Duduki Polres Pamekasan

“Yang bersangkutan kita harapkan kesadarannya untuk mematuhi aturan terutama menjaga kontak langsung yang menyebabkan terjadinya penularan kepada keluarga dan orang-orang sekitarnya,” tambahnya.

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan juga menginstruksikan kepada Satgas Kecamatan maupun Satgas Desa/Kelurahan agar bahu-membahu bersama relawan yang ada di lingkungan masing-masing.

“untuk memberikan prioritas penanganan khususnya dalam melakukan tracing terhadap cluster pelayaran ini,” tukasnya.

Reporter: Wahyudi

Redaktur: Zul