oleh

Ringankan Beban, Pemkab Pacitan Segera Salurkan Ribuan Paket Sembako Kepada Nelayan

MediaJatim.com, Pacitan – Guna meringankan beban ekonomi masyarakat akibat dampak dari pandemi Coronavirus desease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, akan segera menyalurkan ribuan paket sembako. Salah satunya kepada masyarakat yang bekerja di bidang perikanan.

Menurut Pelaksana tugas (Plt), Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan, Drs. Sumorohadi, M.Si mengatakan, bantuan paket sembako itu tidak lain merupakan bentuk kepedulian Pemkab Pacitan dalam membantu meringankan beban masyarakat, dan rencananya akan diberikan dalam dua tahap (April-Mei).

“Untuk tahap I akan disalurkan dalam waktu dekat ini. Kemudian tahap II insyaallah sebelum lebaran,” ujar Sumorohadi kepada MediaJatim.com, Jumat (8/5/2020).

Berdasarkan data yang dimilikinya, masyarakat yang bekerja di bidang perikanan, baik nelayan maupun pengolahan produk perikanan dan terdampak covid-19 ini, tercatat sebanyak 2.000 orang lebih yang akan mendapat bantuan paket sembako tersebut.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Pastikan Pasien Positif Corona Telah Meninggal

“Di Dinas Perikanan yang terdampak Covid-19 ini ada 2.070 orang. Itu terdiri dari kelompok kecil nelayan di tambah kelompok masyarakat yang bekerja di bidang olahan produk perikanan. Kemudian nanti kita juga akan mengusulkan ke Pemprov Jatim,” terangnya.

Sementara itu, akibat dampak dari pandemi covid-19 itu diakuinya bukan hanya dialami masyarakat yang bekerja di bidang perikanan. Tetapi semua sektor tentunya juga mengalami hal serupa. Mereka terpukul, lesu, merosot penghasilan, daya beli masyarakat turun dan sebagainya.

“Semua sektor terdampak. Di bidang perikanan setelah kita sisir datanya ada 2.070 orang tadi yang terdampak. Untuk itu Pemkab Pacitan hadir dan turut membantu guna meringankan beban masyarakat yang terkena dampak tersebut. Dan semoga bermanfaat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Cegah Corona, Madura Idea Foundation Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Ditemui di tempat terpisah, Bambang Mahendrawan, S.PT, MM, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Pacitan menyampaikan hal serupa. Namun demikian, ia menegaskan bahwa dalam penanganan dampak covid-19 tersebut terutama dari sektor ekonomi, menurutnya merupakan tanggung jawab bersama.

“Untuk itu, kita (Pemkab Pacitan) mencoba membangun sinergitas dengan semua pihak tersebut, dengan jalan komunikasi intensif dan pendataan yang masif, sehingga pandemi covid-19 ini bisa kita lalui dan semoga segera selesai, agar kita semua segera kembali beraktivitas seperti semula,” ungkap Bambang.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul