Kolaborasi PWI-Madura United Distribusikan Bantuan dengan Protokol Ketat

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Hari ini Madura United FC bersama-sama dengan Yayasan Madura Peduli Indonesia dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Pameaksan menggelar menyalurkan sebanyak 4oo bingkisan yang berisi 3 Kg beras, 1 Liter minyak goreng dan mie instan.

Berbeda dengan sebelumnya yang penyaluran bantuan diantarkan ke rumah-rumah penerima, pada penyaluran bantuan tersebut sengaja dipusatkan di halaman Kantor Madura United FC jalan Panglegur Pamekasan.

Pihak panitia menyediakan dua tenda khusus untuk penempatan barang-barang yang akan didistribusikan. Posisi meja tempat barang, ungkap Umar Wachdin, perwakilan YMPI sengaja ditata memanjang dan ditata sebagai alur pembatas jalan kaki.

“Tadi setiap penerima yang sudah memiliki kupon, cukup menunjukkan kupon. Mereka ambil sendiri barangnya tanpa ada proses serah terima. Alhamdulillah warga sangat tertib dan memahami akan protokol pembatasan jarak fisik yang sengaja kami kampanyekan dalam pendistribusian bantuan,” ulas Umar.

Baca Juga:  Sebut Pasien Positif Corona, Aktivis di Situbondo Kecam Kadinkes Bondowoso

Konsep penyerahan bantuan dengan protokol Covid-19 yang mengharuskan jaga jarak fisik dan mengurangi kontak langsung antar manusia, ditegaskan Abd Azis, Ketua PWI Pamekasan sengaja dilakukan agar para pihak yang akan menyalurkan bantuan pada kegiatan lain tidak sampai menyebabkan kerumunan massa yang sangat banyak.

“Semua yang akan masuk dalam lingkaran antrian, mereka diberikan masker dan harus langsung digunakan. Setelah itu, tangan mereka disemprotkan handsanitizer sebelum menyerahkan kupon. Bingkisan mereka ambil sendiri di atas meja yang sudah ditata sebelumnya. Warga tertib,” ulas Azis sambil menguraikan jika para petugas yang dimungkinkan kontak dekat dengan warga seperti menerima juga dipakaikan kaos tangan.

Diakui Azis, para wartawan peliput dari PWI Pamekasan mengaku bahwa konsep yang dijalankan pada penyerahan bantuan kerjasama Madura United, YMPI dan PWI Pamekasan baru pertama dilihat dalam semua liputan penyerahan bantuan semasa wabah Covid-19.

Baca Juga:  Merdeka Belajar, Tantangan di Tengah Pandemi

“Warga penerima, anggota Polres yang memantau dan kami para wartawan yang meliput merasa sangat aman dengan penyerahan bantuan yang dilaksanakan dengan protokol Covid-19. Semoga konsep penyerahan seperti ini bisa ditiru oleh para pihak,” ulas Marzuki, anggota PWI Pamekasan yang tercatat sebagai wartawan Portal Madura.

Sebagian warga yang menerima, selain mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diterimanya, mereka juga menyampaikan terimakasih karena pihaknya merasa aman dengan protokol covid-19 yang dijalankan panitia.

Banner Iklan Media Jatim

“Ini sangat bagus, meski saya menerima bantuan tidak ada serah terima dari panitia, saya Cuma tunjukkan kupon dan merasa aman karena perlakukan panitia menjadikan kami sadar pentingnya menjaga jarak. Tidak ada panitia yang mau disalami saya, meski maksud saya ingin menyampaikan terimakasih,” ucap Suryani, salah satu warga penerima bantuan tersebut.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul