oleh

Proyek Perumahan Hambat Saluran Pertanian, Warga Desa Sumberjo Protes Pengembang Perumahan

MediaJatim.com, Lamongan – Warga Dusun Kaotan Desa Sumberjo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan melakukan aksi protes atas dampak pendirian perumahan yang mengakibatkan saluran irigasi pertanian warga jadi tersumbat.

Aksi protes warga yang sebagian besar petani kemudian dimediasi sama kepala Desa bersama perwakilan pihak pengembang dari PT. Cipta Griya Insani bertempat di Balaidesa Sumberjo Kecamatan Lamongan. Senin (11/05/2020).

Perwakilan warga Dusun Kaotan, Kastum Hardiyanto mengungkapkan aksi protes warga ini merupakan buntut dari tersumbatnya saluran air pertanian warga dampak adanya pembangunan perumahan Cipta Griya Insani.

Baca Juga:  Bentuk Kampung Tangguh, Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lamongan

Menurutnya, akibat tersumbatnya saluran air tersebut banyak lahan pertanian warga menjadi banjir hingga tidak bisa bercocok tanam, padahal saat ini merupakan musim bercocok tanam bagi warga sekitar yang sebagian besar petani.

“Kami menuntut kepada pihak pengembang untuk segera membuat saluran air bisa berfungsi kembali, sehingga tidak merugikan warga yang sebagian besar adalah petani,” kata Kastum.

Kastum menambahkan, saluran air yang ada di desanya ini sudah ada sejak lama sebelum adanya pendirian perumahan. Sehingga pihaknya bersama warga berharap pihak pengembang bisa segera merealisasikan tuntutan warga sesuai hasil mediasi bersama hari ini.

Baca Juga:  Mensos Agus Kunjungi Korban Gempa Sumenep

Sementara itu, Kepala Desa Sumberjo Sumantri mengatakan acara mediasi warga dengan pengembangan perumahan yang difasilitasi pihak desa sebagai langkah bersama untuk mencari solusi yang terbaik sehingga tidak menjadi dampak berkepanjangan.

“Kami berharap pihak pengembang perumahan bisa merealisasikan tuntutan warga sesuai hasil mediasi bersama, sebelum warga melakukan aksi protes yang lebih besar lagi pada pihak pengembang perumahan,” ungkap Sumantri.

Reporter: Bisri

Redaktur: Zul