oleh

Jelang Hari Raya, Waspadai Oknum Wartawan dan LSM Abal-abal Minta THR

MediaJatim.com, Situbondo – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, biasanya marak bermunculan oknum-oknum Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) abal-abal yang membuat cemas pejabat dan kades-kades khususnya di Kabupaten Situbondo.

Kecemasan itu karena diduga kebanyakan dari mereka mendatangi pejabat hanya sekedar untuk meminta Tunjangan Hari Raya (THR). Sehingga Ketua LSM Siti Jenar Eko Febrianto meminta kepada pejabat dan kades untuk tidak melayani oknum wartawan dan LSM abal-abal atau palsu yang hanya mencari keuntungan pribadi dengan menakut-nakuti agar diberikan THR.

“Oknum Wartawan dan LSM abal-abal tidak perlu ditakuti, itu hanya akan merugikan pejabat itu sendiri. Terlebih lagi di Kabupaten Situbondo baru saja selesai Pemilihan Kades, tentu banyak Kades baru terpilih yang gampang di takut-takuti, karena peralihan tanggung jawab dari Kades lama kerap bermasalah,” ujar Eko Febrianto, Jumat malam (15/5/2020).

Baca Juga:  First Media Gelar First Warriors Championship

Ia juga menjelaskan, sebagai NGO seharusnya LSM maupun Ormas membantu pemerintah dalam melakukan pembangunan sesuai dengan fungsi LSM yaitu kontrol sosial kepada masyarakat. Sementara wartawan adalah profesi yang sangat mulia dan harus dijalankan sesuai dengan ketentuan hukum dan kode etik jurnalistik ada.

“Saya sangat menghormati profesi kawan-kawan wartawan dan LSM tapi yang jelas dan terdaftar, bukan yang abal-abal. Sepatutnya kita sebagai NGO melakukan pendampingan untuk kesejahteraan masyarakat, bukan mendatangi pemerintah (pejabat atau kades) untuk meminta uang THR, apalagi di tengah penyebaran Covid-19 ini,” pungkas Eko, sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Mensos Kuatkan Komitmen ASN Tingkatkan Akuntabilitas

Reporter: Supriyadi

Redaktur: Zul