oleh

Peduli Cegah Covid-19, IKAMALA ITS Bagikan Faceshield Bagi Tenaga Medis di Lamongan

MediaJatim.com, Lamongan – Sejumlah Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang berasal dari Lamongan yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Lamongan (IKAMALA ITS), menggelar aksi sosial dengan membagikan Faceshield (pelindung wajah) bagi tenaga medis di Lamongan, Sabtu (16/5/2020).

Faceshield hasil karya mahasiswa ITS tersebut diserahkan sejumlah perwakilan IKAMALA ITS melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan yang akan diperuntukkan bagi tenaga medis rumah sakit maupun puskesmas yang ada di masing-masing kecamatan di Lamongan.

Kordinator IKAMALA ITS Mohamad Faiq Ashlikhil Islam mengatakan, aksi sosial yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian terhadap pencegahan penyebaran Covid-19, dimana Kabupaten Lamongan masih banyak terdapat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Ditambah lagi kesiapan dari tenaga kesehatan terutama kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang berada di garis depan.

“Faceshield (pelindung wajah) buatan kami, semoga bermanfaat bagi tim medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19,” kata Mohamad Faiq.

Baca Juga:  Ifan: Badai Pasti Berlalu

Ia menjelaskan Faceshield hasil karya mahasiswa ITS berbahan dari plastik mika ketebalan 0,3 mm dan plastik fibersheet sebagai rangkanya. Lalu, lembaran plastik mika tersebut dipotong persegi panjang sampai bisa menutup bagian wajah kemudian direkatkan dengan Fibersheet jenis Ecoplass sebagai rangka yang dibentuk seperti bandana agar bisa dilingkarkan di kepala tenaga medis.

Pengerjaan Faceshield ini dikerjakan di rumah masing-masing relawan mahasiswa Lamongan ITS dan tak lupa sebelum diedarkan terlebih dahulu dilakukan sterilisasi dengan cairan disinfektan lalu kemudian dikemas dengan plastik.

“Kegiatan ini dengan supervisi langsung dari tim faceshield daerah ITS yang dinaungi oleh Tim Teknis Kesiagaan penanganan Covid-19 ITS,” ujarnya.

Produksi Faceshield pertama berhasil membuat sebanyak 250 buah dan didistribusikan ke Satgas Covid-19 Dinkes Lamongan dan ke RSUD dr. Soegiri Lamongan, serta sebagian Puskesmas di Kabupaten Lamongan.

Baca Juga:  Berkunjung ke Lamongan, Ketua DPD RI Serahkan Bantuan APD di RSUD Soegiri

Sementara dalam produksi kedua mereka membuka donasi, dan dapat dana 4 juta Rupiah, sehingga bisa produksi 1.000 lebih Faceshiled.

Untuk proses distribusi dan pengerjaan saat ini, lanjut Mohamad Faiq, pihaknya mempunyai relawan yang tersebar di berbagai kecamatan sehingga memudahkan dalam proses pengerjaan dan distribusi ke Puskesmas yang ada di kabupaten Lamongan.

“Alhamdulillah total keseluruhan produksi sebanyak 1.300 lebih faceshield, terimakasih sebanyak-banyaknya kepada pada donatur dan semua pihak yang telah membantu pelaksana aksi sosial ini. Dan mudah mudahan sekecil kontribusi ini bisa bermanfaat dalam penanganan pandemi Covid 19 khususnya di Kabupaten Lamongan,” tukas Mohamad Faiq, Ashlikhil Islam Mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri ITS.

Reporter: Bisri

Redaktur: Zul