oleh

Dua Desa di Kecamatan Ledokombo Salurkan BLT-DD Sebelum Lebaran

MediaJatim.com, Jember – Dalam upaya meringankan beban masyarakat akibat dari pandemi virus Corona (Covid-19), Pemerintah Desa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat miskin yang terdampak secara ekonomi. Penyaluran bantuan tersebut berdasarkan Permendes PDTT Nomor 6 tahun 2020 perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Priroritas Penggunaan Dana Desa.

Berdasarkan hasil pantauan Media Jatim, hanya dua desa dari sepuluh desa di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, yang sukses menyalurkan BLT-DD sebelum lebaran. Dua desa tersebut adalah Desa Sukogidri dan Desa Ledokombo yang sudah menyalurkan BLT-DD untuk bulan April.

Terbitnya intruksi dari Kemendes PDTT berbentuk surat Nomor 1 Tahun 2020 mendorong Pemerintah Desa harus segera menyalurkan BLT DD sebelum tanggal 24 Mei 2020. Percepatan penyaluran BLT DD ini didasari atas pertimbangan masyarakat yang akan menyambut lebaran.

Baca Juga:  Ifan: Buruh Harus Diorangkan

Kepala Desa Sukogidri Purnoto mengungkapkan, meskipun pemerintah sudah menerapkan PSBB, larangan mudik, dan imbauan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing, kebutuhan ekonomi menjelang lebaran tetap tidak bisa dielakkan dan pasti meningkat.

“Kebutuhan itu pasti, apalagi menjelang lebaran. Sementara banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat dampak Covid-19. Dengan disalurkannya BLT DD diharapkan dapat meringankan kebutuhan ekonomi mereka,” kata Kepala Desa Sukogidri, Selasa (19/5/2020).

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Ledokombo Ipung Wahyudi. Demi menbantu masyarakatnya, kepala desa yang belum setahun menjabat ini bahkan rela mengeluarkan dana talangan untuk menyalurkan BLT-DD sebelum lebaran.

Baca Juga:  Pencairan BLT DD, Rumah Warga Ditempeli Stiker 'Keluarga Miskin'

“Aslinya penyaluran anggaran BLT-DD dianggarkan pada DD tahap 2, karena DD tahap 1 sudah terserap pada pembangunan yang lain. Namun, sampai saat ini DD tahap 2 belum cair juga. Terpaksa cari dana talangan dulu, kasihan mereka jika tidak segera disalurkan,” pungkasnya.

Penyaluran BLT-DD akan berlangsung selama Bulan April, Mei, dan Juni dengan anggaran Rp600.000,- perbulan. Tidak menutup kemingkinan penyaluran BLT-DD akan dilanjutkan apabila dampak dari Covid-19.

Reporter: F Ahmad

Redaktur: A6