oleh

Gempar Dukungan Atas Abu Bakar Abdi untuk Maju Sebagai Bacawabup Situbondo

MediaJatim.com, Situbondo – Kekompakan warga wilayah barat (wilbar) Situbondo tepatnya di Kecamatan Besuki mulai terlihat. Mereka kompak mendukung Abu Bakar Abdi untuk maju dalam Pilkada sebagai menjadi Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Situbondo.

Hal tersebut dibuktikan dengan tersebarnya ratusan banner bergambar pria yang saat ini menjabat Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Situbondo. Menurut salah satu relawan, pembuatan serta pemasangan ratusan banner Abu Bakar Abdi itu menggunakan dana hasil patungan, bukan dana dari pemerintah.

“Kami ini masyarakat Situbondo bebas untuk memilih seorang pemimpin. Apa yang kami lakukan ini tidak sama sekali menggunakan uang dari pemerintah, melainkan hasil patungan dari tokoh-tokoh masyarakat serta para pengusaha di wilayah Besuki yang menginginkan perubahan Situbondo,” jelasnya saat memasang banner, Kamis malam (21/5/2020).

Sementara di tempat yang lain, Faisol, warga Besuki menerangkan hal ini murni gerakan akar rumput lintas etnis dan strata sosial di wilayah barat dan sekitarnya, bukan hanya sekedar usulan dari satu atau dua lembaga apalagi banom lembaga.

Baca Juga:  Pembalakan Liar Makin Marak, Penegak Hukum Diminta Bertindak Lebih Tegas

“Hal ini murni gerakan akar rumput, lintas etnis dan strata sosial di wilayah barat dan sekitarnya, bukan hanya sekedar usulan dari beberapa lembaga saja,” tegasnya dengan lantang.

Dukungan terhadap Abu Bakar Abdi untuk maju menjadi Bacawabup Situbondo juga datang dari Lembaga Swadaya Masyarakat paling kontroversi di Kabupaten Situbondo, yakni LSM Siti Jenar.

“Gerakan kami memang tidak semewah gerakan kalian. Gerakan kami memang tidak menggelegar seperti gerakan kalian, gerakan kami memang tidak seistimewa kalian, tapi satu hal yang perlu kalian ingat, kami memang terbatas karena kami murni swadaya, gerakan kami bukan gerakan kepentingan. Kami pastikan, kami akan menang,” katanya Ketum LSM Siti Jenar Eko Febrianto meyakinkan.

Baca Juga:  Khofifah Apresiasi Dukungan Ribuan Relawan

Menurutnya, perihal dukungannya masyarakat wilayah barat Situbondo ini masih belum diketahui langsung oleh yang bersangkutan, karena ini merupakan asli gerakan dari masyarakat.

“Abi (sapaan Abu Bakar Abdi) belum tahu dengan gerakan masyarakat wilayah barat Besuki, tapi ingat suara rakyat adalah suara tuhan,” tukasnya.

Sedangkan saat dikonfirmasi Abu Bakar Abdi mengaku terkejut dengan kabar gemparnya dukungan terhadap dirinya, bahkan sudah bisa tersebar ratusan banner.

“Saya benar-benar tidak tahu, bahkan sangat terkejut mendengar perihal ini. Meskipun waktu itu ada isu tentang ini, tapi saya belum menanggapi dan memberikan jawaban,” tuturnya dengan senyuman khasnya.

Reporter: Frengky

Redaktur: Zul