Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Polres Pacitan Luncurkan Kampung Tangguh

MediaJatim.com, Pacitan – Dalam rangka mencegah dan percepatan penanggulangan Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Polres Pacitan meluncurkan Kampung Tangguh, di Dusun Krajan, Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, Selasa (26/5/2020).

Untuk diketahui, gagasan pendirian Kampung Tangguh ini dicetuskan oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Fadil Imran. Kampung ini nantinya akan mengandalkan solidaritas dan kegotongroyongan warga di tingkat kelurahan hingga RW.

“Kampung Tangguh ini merupakan progam dari Polda Jatim dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar AKBP Didik Haryanto, S.I.K, Kapolres Pacitan, dalam sambutannya, Selasa siang.

Dipilihnya Desa Kembang sebagai pilot project peluncuran Kampung Tangguh ini karena di desa tersebut terdapat lima orang yang terpapar Covid-19. Namun, yang dinyatakan telah sembuh ada dua orang.

Baca Juga:  Tari Dipenjara Malah Jadi Artis

“Diharapkan dengan adanya Kampung tangguh ini masyarakat Desa Kembang selalu menjaga pola hidup sehat dan wajib pakai masker jika keluar rumah,” imbuhnya.

Dalam peluncuran Kampung Tangguh yang diikuti oleh sekitar 100 orang tersebut, baik dari Kodim 0801 Pacitan, Jajaran Pemkab Pacitan, relawan dan masyarakat setempat itu, juga dilakukan peninjauan tempat isolasi mandiri, peninjauan Posko Terpadu Kampung Tangguh.

Kemudian, juga dilakukan pengecekan sejumlah peralatan yang ada, Dapur Umum Terpadu hingga lumbung pangan. Selain itu, juga dilakukan pembagian paket sembako kepada 10 orang warga setempat.

Baca Juga:  Tasyakuran Pra-Panen Raya, Pemdes Gagah Optimis Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul

WhatsApp chat