Bentuk Kampung Tangguh, Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lamongan

Media Jatim

MediaJatim.com, Lamongan – Upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 terus digalakkan, salah satunya didirikannya kampung tangguh hingga tingkat Desa. Seperti yang ada di Desa Sukoanyar Kecamatan Turi serta di Perumahan Jetis Indah, Kelurahan Jetis, Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan.

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Kapolres Lamongan AKBP Harun menjelaskan, kampung tangguh ini merupakan inisiasi dan perintah langsung dari Kapolda Jatim. Menurutnya, maraknya penyebaran Covid-19 di Jawa Timur harus segera ditindaklanjuti mulai dari tingkat bawah.

Baca Juga:  Realokasi APBD; Jangan Pangkas Belanja Rutin Layanan Dasar

“Tidak hanya di dua lokasi tersebut, rencananya seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Lamongan akan dijadikan kampung tangguh,” kata Kapolres Lamongan AKBP Harun, Kamis (28/05/2020).

Harun mengatakan, di dalam kampung tangguh setidaknya ada tiga poin yang menjadi prioritas utama. Yakni tangguh terhadap penanganan kesehatan, keamanan, dan ketahanan pangan.

”Masyarakat selalu menerapkan hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungannya dari tindak pidana, dan terpenuhi kebutuhan pokoknya,” ujarnya.

Rencananya, menurut Kapolres Lamongan nantinya dua kampung ini akan dijadikan sebagai role model yang akan diduplikasi diseluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Lamongan.

Baca Juga:  Tiga Pelaku Jambret Asal Gresik Ditangkap dan Dihajar Massa di Lamongan

“Semoga keberadaan kampung tangguh ini bisa menekan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Reporter: Bisri

Redaktur: Zul