oleh

Heboh! Saat Diklarifikasi terkait Kabar Hoaks, Oknum LPM Paowan AW Hadang Tugas Wartawan

MediaJatim.com, Situbondo – Saat dikonfirmasi terkait pernyataan tentang postingan akun Facebook Agus Dwi yang dinilai hoax oleh Kepala Desa Paowan Kecamatan Panarukan Saiful Hadi, Kamis (28/5/2020), dihebohkan dengan sikap Ketua Lembaga Pemberdayaan Desa (LPM) Paowan Agus Wahid. Dia tiba-tiba ikut masuk dalam permasalahan tersebut yang diduga memback-up kepala desa.

“Apa tujuan Anda seperti ini? Mengapa datang ramai-ramai? Saya Agus Wahid ketua LPM Desa Paowan. Saya pendamping Kepala Desa Paowan,” katanya sambil menunjuk dengan tangan kiri ke arah wartawan yang sedang melakukan konfirmasi, Jumat (29/5/2020).

Hal tersebut membuat suasana semakin panas. Sebab, nadanya kasar, sehingga membuat Aktivis Muda Kelahiran Asli Desa Paowan Vicky Siswanto Rahman naik pitam, pun juga beberapa wartawan media online yang sedang melakukan konfirmasi.

“Tujuan kami baik, kami ingin klarifikasi terkait pernyataan kepala desa yang mengatakan postingan Agus Dwi Hoax. Saya juga ingin bertanya karena selaku aktivis. Saya ingin membantu dengan mengajukan kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Situbondo, akan tetapi mengapa saya meminta surat pengajuan ke Dinsos dari pihak desa ditolak tanpa alasan,” Ujar Vicky yang juga selaku Ketum LPK PN.

Baca Juga:  Dinilai Tak Ikuti Instruksi Menteri, Proyek di Pelabuhan Jangkar Didesak Agar Dihentikan

Tindakan Ketua LPM Desa Paowan Agus Wahid juga disesalkan oleh Kepala Biro Media Jatim Situbondo, Frengky Hendra Istiawan yang juga secara langsung melakukan konfirmasi ke kepala desa. Bahkan, dia juga menuturkan seakan Agus Wahid mencoba menghalang-halangi tugas wartawan.

“Mohon maaf, Mas. Tugas dan fungsi Anda ini apa? Anda datang langsung marah, seakan menghalangi tugas kami sebagai jurnalis, kita sebagai kontrol masyarakat melalui tinta pena. Fungsi dan tugas kami sebagai wartawan jelas, yakni konfirmasi agar menerbitkan berita yang realita, bukan berita sepihak,” kata Frengky, geram.

Baca Juga:  Mahasiswa UMM Bantu Tingkatkan Nilai Ekonomis Hasil Pertanian

Ia juga menjelaskan kedatangannya secara beramai-ramai karena dihadiri kelompok Lembaga Swadaya Masyarakat beserta dari beberapa media online yang berbeda.

“Kalau ditanya mengapa kita datang beramai-ramai, tentunya yang hadir tadi itu dari Lembaga Swadaya Masyarakat serta berbagai awak media online. Kalau tidak salah, ada 5 media online yang berbeda, termasuk Media Jatim,” tegasnya.

Kedatangan Ketua LPM Desa Paowan Agus Wahid dengan marah-marah dipicu karena masuknya akun facebook para oknum wartawan di grub facebook forum resmi Desa Paowan, Agus Wahid menilai terkait permasalahan internal Desa Paowan. Jangan sampai orang luar atau orang yang bukan asli Paowan mengetahuinya. Termasuk semua oknum wartawan di Kabupaten Situbondo, mengapa sampai seperti itu?” kritiknya tegas.

Reporter: Ibreh Baim

Redaktur: Zul