oleh

Cak Salam, Sosok Milenial yang Siap Mengantarkan Jember Juara

MediaJatim.com, Jember – Nama H Abdus Salam belakangan cukup populer. Sosok milenial ini merupakan salah seorang yang disebut-sebut bakal ikut meramaikan pesta demokrasi dalam Pilkada Jember 2020.

Ya, Cak Salam, sapaan akrabnya, memang sudah memancangkan tekad untuk bertarung dalam perhelatan Pilkada Jember Desember 2020 mendatang. Hal ini dibuktikan dengan mengikuti penjaringan calon bupati-wakil bupati yang digelar sejumlah partai politik di Jember. Tidak hanya itu, jauh-jauh hari Cak Salam juga sudah melakukan sosialisasi, baik dengan alat peraga maupun menghadiri pertemuan-pertemuan di masyarakat.

“Saya harus melakukan ‘pemantasan’ dulu dengan sosialisasi dan sebagainya. Kalau saya sudah pantas baik dari sisi survei maupun pendukung, kita enak bergerak,” ujar Cak Salam dalam sebuah acara di Kelurahan Gebang, Jember, Sabtu (30/5/2020).

Bukan tanpa alasan Cak Salam berburu kursi Bupati Jember. Dalam pandangannya, kondisi Jember saat ini cukup mengkhawatirkan, baik dari sisi ekonomi maupun perkembangan pembangunan. Merujuk pada data BPS tahun 2019 bahwa angka IPM (Indeks Pertumbuhan Manusia) Kabupaten Jember berada di urutan ke-31 dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Tentu saja, fakta ini cukup merisaukan Cak Salam dan masyarakat Jember secara umum.

Baca Juga:  Gempar Dukungan Atas Abu Bakar Abdi untuk Maju Sebagai Bacawabup Situbondo

“Jember butuh perubahan yang sungguh-sungguh. Dan insyaallh saya siap mengawal itu,” lanjutnya.

Karena itu, pengusaha properti tersebut mengaku sudah menyiapkan konsep yang matang untuk membangun Jember dari segala sisi, termasuk peningkatan ekonomi. Filosofi kepemimpinannya adalah jujur, amanah, sejahtera, atau disingkat Juara. Dengan menjunjung kejujuran, menjaga amanah, dan menjadikan rakyat sejahtera, Cak Salam bertekad untuk mengantarkan Jember sebagai juara

“Esensinya, kami (Jember) harus menjadi juara, dan saya yakin bisa,” ujarnya.

Tekad Cak Salam untuk membuat Jember juara, bukan sesautu yang berlebihan. Kota suwar-suwir ini mempunyai segalanya. Kekayaan alamnya melimpah. APBD-nya cukup gemuk, Rp 4 Triliun lebih. Di sini juga bercokol tiga perguruan tinggi negeri yang cukup besar, yaitu Universitas Jember, IAIN Jember, dan Politeknik Negeri Jember.

Baca Juga:  Neng Aida: Khofifah Bukan Perempuan Biasa

“Kekayaan alam yang ada dan sumber daya manusia yang bagus, wajib kita kelola dengan baik agar bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, agar Jember bisa juara, tidak kalah dengan Kabupaten tentangga,” tambah Cak Salam.

Jember memang dikarunia Allah kekayaan alam yang melimpah. Namun faktanya kekayaan tersebut tidak banyak mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Pembangunan Jember seolah berjalan di tempat. Karena itu, Jember butuh sosok pemimpin yang kreatif, inovatif, dan visioner agar dapat mengelola, mengeksploitasi kekayaan alamnya sehingga Jember bisa menjadi juara dalam pengertian yang sesungguhnya.

Dan bisa jadi, Cak Salam adalah sosok yang pas untuk mengantarkan Jember di pintu juara. Semoga.

Reporter: Ade Nurwahyudi

Redaktur: Sulaiman