oleh

Penyaluran BLT-DD Tahap II di Desa Pangutan Berjalan Kondusif

MediaJatim.com, Pacitan – Pemerintah Desa Pagutan, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, telah menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap II, di balai desa setempat, Jumat (12/06/2020).

Adapun keluarga penerima manfaat BLT DD Tahap ke-II di Desa Pagutan ini berjumlah 45 penerima, masing-masing penerima mendapatkan Rp600 ribu per bulan, yang diterimakan selama tiga bulan (Apri-Juni).

Terlihat, sejak pagi hari puluhan penerima manfaat tersebut telah memadati Kantor Desa Pagutan, dengan harapan setelah menerima akan melanjutkan aktifitasnya. Tak berselang lama, petugas bank, kepala desa, perangkat dan unsur terkait telah siap untuk proses penyerahan BLD DD tahap II.

“Alhamdulillah. Terimakasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan dan membantu meringankan beban masyarakat akibat dampak Corona ini,” ungkap Winarno, salah satu penerima BLT DD di Desa Pagutan.

Baca Juga:  Liga Mahasiswa NasDem Jember Aktif Halau Covid-19

Sementara itu, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pagutan, Bambang Suwarni mengatakan, terkait proses pencairan BLT DD tersebut, berbagai tahapan telah dilalui oleh pemerintah desa, mulai pendataan, verifikasi data hingga pencairan, sehingga diharapkan dalam pelaksanaan dapat berjalan lancar.

“Penerima BLT-DD di Desa Pagutan ini ada 45 kepala keluarga. Alhamdulillah semua proses telah terlewati, sehingga pada hari ini dapat diserahkan BLT-DD tahap II ke semua penerima manfaat,” ujarnya, seusai kegiatan.

Selain itu, lanjut Bambang, bagi warga yang terdampak Covid-19 dan tidak menerima BLT-DD ataupun progam bantuan yang lain, seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), PKH, BPNT dan sebagainya, Pemdes Pagutan mempunyai kebijakan untuk memberikan sejumlah paket sembako bagi kepala rumah tangga.

Baca Juga:  Cakra Nusantara: Mayoritas Masyarakat Pacitan Butuh Bantuan Modal Usaha

“Ada 152 kepala rumah tangga yang mendapat sembako. Alhamdulillah tahap I sudah disalurkan dan ini tahap ke II,” katanya.

Menurutnya, para penerima tersebut benar-benar merupakan warga yang belum pernah mendapat bantuan atau di luar data dari penerima BLT-DD, BST, PKH, BPNT dan lainnya. Meski demikian, ia berharap wabah Corona ini segera berakhir.

“Untuk penyaluran (BLT DD atau lainnya) di Desa Pagutan ini, alhamdulillah kondusif dan berjalan lancar. Semoga wabah Corona ini cepat berlalu dan hilang dari Indonesia, agar kehidupan kembali normal dan perekonomian warga kembali seperti sebelum ada Covid-19 ini,” pungkasnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul