oleh

Salurkan BLT DD Tahap II, Ini Kata Kades Sukogidri

MediaJatim.com, Jember – Pemerintah Desa Sukogidri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap II pada Jumat (12/06/2020).

Penyerahannya dilakukan secara simbolis kepada 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari total 180 KPM di balai desa Sukogidri. Sisanya dilakukan secara door to door ke rumah masing-masing KPM.

Sebagaimana arahan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), masing-masing KPM mendapatkan Rp600 ribu per bulan tanpa potongan apapun.

“Penyaluran kami lakukan secara terbuka. Melibatkan semua pihak sampai di tingkat RT/RW,” ungkap Purnoto, Kepala Desa (Kades) Sukogidri.

Baca Juga:  Sepi Job, Pelaku Seni di Bangkalan Minta Izin Keramaian Dilonggarkan

Ia menambahkan, desa wajib hadir di tengah masyarakat di saat kondisi ekonomi melemah akibat dampak pandemi Covid-19 yang angka penularannya terus meningkat.

“Desa harus steril dari Covid-19, karena lumbung pangan Indonesia ada di desa. Oleh karena itu, kami terus bersinergi dengan tenaga kesehatan dan membangun kegiatan-kegiatan edukatif agar masyarakat dapat memahami kondisi saat ini, ” tambahnya.

Niman, salah satu KPM BLT DD mengaku bersyukur mendapatkan bantuan tersebut. Pasalnya, pria yang kesehariannya biasa merantau ke Bali tersebut belum dapat kembali bekerja ke Pulau Dewata akibat diterapkannya New Normal.

Baca Juga:  Kapolres Didesak Usut Pengeroyok Anggota Pagar Nusa Jember

“Kalau masuk ke Bali harus periksa kesehatan (rapit test) dulu. Biayanya antara Rp400 ribu sampai Rp500 ribu kata teman. Belum lagi biaya transportasi yang semakin mahal,” ungkapnya.

Penyaluran BLT DD berjalan kondusif. Pemerintah Desa Sukogidri menerapkan kebijakan bahwa bantuan kepada KPM tidak bisa diwakilkan, meskipun tercatat dalam satu Kartu Keluarga.

“Meski pendataan berbasis KK, tetapi penerima tetap by name by adress yang jelas, karena menyangkut laporan kami ke Kemendes,” imbuh Gazali, Sekdes Sukogidri.

Reporter: F Ahmad

Redaktur: Zul