oleh

Istighosah Kubro dan Diskusi Publik Solidaritas untuk Papua

Istighosah Kubro dan Diskusi Publik Solidaritas untuk Papua “Memaknai Ulang ‘Hubbul Wathon’ dalam Isu NKRI dan Papua Barat Hari Ini.”

Beberapa minggu terakhir, serangkaian aksi protes untuk solidaritas terhadap gerakan Black Lives Matter (BLM) di tengah pandemi, terus dilakukan di berbagai wilayah di dunia. Tuntutan berkisar antara diakhirinya tindakan rasis-diskrimatif terhadap bangsa kulit berwarna hingga tuntutan terkait pemenuhan hak ekonomi dan politik. Di Indonesia, gerakan BLM telah memicu munculnya gerakan Papuan Lives Matter (PLM).

Gerakan PLM memiliki keterkaitan dengan gerakan BLM. Yakni dengan menaruh perhatiannya pada tindakan rasis-diskriminatif secara sistemik yang selama ini telah menimpa bangsa kulit berwarna—Papua Barat. Sebelum ini, persoalan Papua Barat sempat memuncak tahun lalu [Agustus-September 2019], melalui serangkaian aksi protes di berbagai wilayah di Indonesia yang berujung penangkapan sejumlah aktivis HAM dan pro-demokrasi. Mereka yang ditangkap dalam aksi-aksi terkait Papua lebih sering didakwa telah melakukan tindakan makar hingga separatisme. Sementara terkait separatisme, banyak dari kita hanya menelan begitu saja doktrin tentang konsep ‘Bangsa dan Kebangsaan.’

Baca Juga:  Wabup Pamekasan: Pemuda Harus Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

Memang, cinta pada tanah air adalah fitrah. Dan dalam konteks perjuangan membela tanah air, di kalangan umat Islam di Indonesia, kita mengenal kalimat hikmah “Hubbul Wathan Minal Iman” yang dipopulerkan oleh beberapa tokoh ulama. Kita perlu berefleksi dan mempertanyakan kembali, apakah tafsir dan pemahaman kita terhadap kalimat hikmah tersebut telah sesuai atau justru melampaui batasan-batasan yang dapat diakomodirnya?

Maka penting untuk mendiskusikan dan mendapatkan pemahaman terkait konsep “Hubbul Wathon Minal Iman” dalam konteks hari ini, sekaligus memahami persoalan Papua Barat secara adil, Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA) mengadakan diskusi publik dengan tema: ”Memaknai Ulang ‘Hubbul Wathon’ dalam Isu NKRI dan Papua Barat Hari Ini” yang akan diawali dengan Istighosah Kubro.

Baca Juga:  Pamit ke Sawah, Petani di Tegaldlimo Ditemukan Tewas

📆 Senin, 22 Juni 2020
⏰ 19.00 WIB -Selesai
📌 Link pendaftaran https://bit.ly/IstighosahDiskusiPapua
📜 Link teks Istighosah: http://tiny.cc/ul81qz