oleh

Hampir Roboh, Lampu PJU di Besuki Dibiarkan

MediaJatim.com, Situbondo – Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Raya Pantura, tepatnya di depan SMK Al-Ishlah, Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur sudah hampir roboh. Namun keberadaan PJU yang bisa membahayakan pengendara yang melintas itu tidak kunjung diperbaiki.

Padahal keberadaan PJU itu sudah ramai dibicarakan di salah satu grup Facebook. Pemilik akun FB bernama Musi Samusir mengunggah foto keberadaan tiang lampu yang sudah hampir roboh tersebut dengan caption meminta pengendara yang melintas untuk hati-hati.

“Hati-hati Lur, yang dari arah barat mau menuju ke timur Jalan Pantura ada tiang listrik mau robbu/miring selaya,” tulis akun Facebook Musi Samusir di grup Facebook Info Warga Besuki, Sabtu (27/6/2020).

Baca Juga:  Muzammil Nilai Pernyataan Sekda Bondowoso Terkait Covid-19, Tak Etis

Hal itu juga mendapatkan Respon dari Ketua Umum LSM Gerakan Edukasi Muda Pembela Aspirasi Rakyat Situbondo (Gempars) Sumyadi Yatim Wiyono. Ia meninjau langsung kondisi tiang lampu PJU di Jalan Pantura, Kecamatan Besuki itu.

“Kondisinya memang benar sudah hampir roboh atau miring. Saya sudah cek langsung ke lokasi,” katanya, Minggu (28/6/2020).

Sumyadi mengatakan, pihaknya merasa prihatin dengan kondisi ini, sebab apabila sampai roboh dan menimpa pengguna jalan, itu sangat berbahaya.

“Ini sangat berbahaya. Kalau tiang ini roboh, bisa mengenai pengguna jalan. Pemerintah terkait ini dimana?, kok tinggal diam dan tidak ada tindakan apa-apa,” tambahnya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Tanamkan Kasih Sayang dan Nilai Toleransi pada Keluarga

Ia juga mendesak pihak yang berwenang agar secepatnya melakukan perbaikan, biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sementara Kepala Desa Besuki, Kecamatan Besuki Husama Bahres menyampaikan, lampu PJU tersebut bukan merupakan wilayah kewenangannya. Ia mengaku baru tahu keberadaan tiang lampu yang hampir roboh itu.

“Bukan kewenangan saya, itu kewenangan Dinas. Saya pun baru tahu kalau ada tiang penerang jalan yang hampir mau roboh, nanti saya akan cek langsung ke lapangan,” tegas Husama Bahres.

Reporter: Ibreh Baim

Redaktur: Zul