oleh

Progam Rutilahu 2020 Dimulai, Pacitan Dapat 350 Unit

MediaJatim.com, Pacitan – Ratusan rumah milik warga di Pacitan, Jawa Timur mendapat progam renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Progam tersebut, merupakan kerjasama antara Pemprov Jatim dengan Kodam V/Brawijaya yang dilaksanakan Kodim 0801 Pacitan. Selain itu, juga terdapat progam Jambanisasi, Senin (29/6/2020).

Dimulainya progam tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama yang bertempat di rumah Slamet, warga RT 02, RW 10, Dusun Sumber, Desa Ngadirejan, Kecamatan Pringkuku.

Terlihat, pada peletakan batu pertama tersebut berukuran panjang 6 meter dan lebar 3.5 meter dan dilaksanakan oleh Bupati Pacitan Indartato, Dandim 0801 Pacitan, Letkol Inf. Nuri Wahyudi, dan Kapolres Pacitan, AKBP. Didik Hariyanto, S.I.K. yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Nuri Wahyudi, Dandim 0801 Pacitan mengatakan, progam Rutilahu tersebut telah berjalan lama. Tidak lain, bertujuan dalam membantu masyarakat kurang mampu untuk membangun dan merenovasi rumah agar layak ditempati.

Baca Juga:  Cakra Nusantara: Mayoritas Masyarakat Pacitan Butuh Bantuan Modal Usaha

“Program Rutilahu ini mendapat 350 unit, terbagi di 12 kecamatan di Pacitan. Selain itu ada Program Jambanisasi 500 unit terbagi di 6 kecamatan, yakni di Kecamatan Ngadirojo, Kecamatan Bandar, Kecamatan Pringkuku, Kecamatan Arjosari, Kecamatan Punung, dan Kecamatan Tulakan,” ujar Dandim.

Dalam pengerjaannya, lanjut Dandim, bekerjasama dengan berbagai pihak. Karena, program tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kerjasama antara Babinsa, Babinkamtibmas, masyarakat dan pemerintah desa. Namun demikian, pihaknya berharap apa yang telah dikerjakan dapat menjaga hubungan baik antara masyarakat, pemerintah desa dan Kepolisian.

Baca Juga:  Wadanjen Akademi TNI Tinjau Rute Panglima Sudirman di Wilayah Pacitan

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Bapak/Ibu dalam acara ini, kami mohon maaf apabila banyak keterbatasan dalam penyiapan kegiatan ini. Program ini perlu terus dilaksanakan, mengingat masih banyak masyarakat di Pacitan belum memiliki rumah yang layak untuk ditempati,” imbuh Dandim.

Senada, Bupati Pacitan Indartato, mengatakan bahwa, program Rutilahu tersebut merupakan upaya dari Pemprov Jatim yang bekerjasama dengan Kodim 0801 Pacitan untuk yang terbaik bagi masyarakat di Pacitan.

“Harapan rakyat Jawa timur bisa sejahtera, tapi itu semua tidak gampang banyak masyarakat kurang mampu di sekitar kita yang sangat membutuhkankan, semoga masyarakat Desa Ngadirejan ini bisa sejahtera,” ucap Indartato menambahkan.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *