oleh

Inisiatif Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Ajak Warga Lakukan Pencegahan Covid-19

MediaJatim.com, Gresik – Tanggap dan peduli terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gresik, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (LPPM-UTM) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan program pemberian bantuan masker dan minuman jamu tradisional kepada warga RT 01 RW 02, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Selasa (14/7/2020).

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang berdomisili di Kelurahan Sidokumpul itu dengan beranggotakan tiga orang; Indarti Firnanda dari kelompok 85 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Eka Oktavianingsih S.Pd.,M.Pd, Allysa Tiara R. dari kelompok 31 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Yuni Rimawati, S.E.MSAk, Ak,CA, dan Nur Asmaiyah kelompok 25 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Mojiono, S.Tp.,M.Si. Kegiatan yang mereka usung bertemakan “KKN Tematik Satgas Covid-19” yang dilakukan di RT 01 RW 02, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik.

Pembagian masker dan minuman jamu tradisional ini disambut baik oleh Kepala Kelurahan Sidokumpul Sulaiman Rasjid S.P . Ia memberikan imbauan kepada mahasiswa KKN untuk selalu mengingatkan kepada warga akan pentingnya jaga jarak, memakai masker ketika keluar rumah dan menjaga daya tahan tubuh sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Di Bangkalan, Cluster Pelayaran Dominasi Pasien Covid-19

“Di musim pandemi seperti ini menjaga stamina dan daya tahan tubuh sangatlah penting terutama yang telah berusia di atas 60 tahun sangat rentan akan tertular Covid-19.

Kami berharap dengan adanya pembagian minuman jamu tradisional ini yang dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kayu manis, sereh yang ditumbuk dengan tambahan asam jawa dan perasan lemon dapat membantu menIngkatkan stamina dan daya tahan tubuh dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19 di Kabupaten Gresik ini yang semakin hari semakin meningkat warga yang positif Covid-19,” kata salah satu anggota KKN di Kelurahan Sidokumpul, Selasa (14/7/2020).

Selain pembagian minuman jamu tradisional, mahasiswa KKN UTM juga membagikan masker. Masker dibuat oleh salah satu UMKM di RT 01 RW 02, Sulis selaku penjahit yang merasakan dampak dari Covid-19 karena jasa menjahitnya sepi orderan.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan masker yang dibagikan oleh mahasiswi KKN UTM. Dengan adanya bantuan masker ini , tentunya akan meningkatkan kedisiplinan warga agar tetap menjaga diri dari ancaman tertular Covid-19,” ujar ibu ida selaku perwakilan ibu-ibu PKK RT 01 RW 02.

Baca Juga:  Syaifuddin Asmoro Dedikasikan Rumahnya Jadi Posko Tangguh Covid-19

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh generasi muda ini merupakan suatu hal yang luar biasa dan mampu berkontribusi pada kehidupan sosial dan bermasyarakat. Semoga kebaikan dan manfaat yang telah diberikan mbak-mbak dari Universitas Trunojoyo Madura dapat balasan yang setimpal dan bisa dijadikan contoh bagi para generasi muda lainnya,” tegas R. Yudhistira selaku ketua RT 01 RW 02.

Disisi lain, pengurus Karang Taruna RT 01 RW 02 juga merasa terbantu dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata dari mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, karena dapat membantu karang taruna untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dan memberikan manfaat bagi warganya. Lebih dari itu, anggota Karang Taruna dapat sharing ilmu dan menambah wawasan masing-masing terkait teori, struktural organisasi, dan dalam mengeksekusi setiap program kerja dengan baik.

Reporter: Ist

Redaktur: Zul