Panen Perdana Padi Varietas HMS 400 Dihadiri Kemendes

MediaJatim.com, Bondowoso – Panen perdana padi unggul lokal varietas HMS 400 di Desa Suger Lor Kecamatan Maesan dihadiri oleh Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi melalui Staff Ahli Menteri Bidang Hubungan antar Lembaga, DR. Suprapedi, Rabu (15/7/2020).

Adapun Padi varietas baru itu merupakan pengembangan varietas unggul lokal atas inisiasi LPMM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Mandiri) Bondowoso bersama Pemerintah Kabupaten setempat. Sebagai pilot project, pengembangannya telah dilakukan di Desa Suger Lor.

DR. Suprapedi Staff Ahli Mentri Bidang Hubungan antar Lembaga, dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas pengembangan padi varietas unggul baru itu. Terlebih, berdasarkan diskripsi yang diterangkan menunjukkan bahwa padi tersebut memiliki sejumlah keunggulan yang baik bagi petani .

Baca Juga:  Harga Tembakau Anjlok, Petani Kembali Tagih Janji Politik Bupati Pamekasan

“Ini perlu direplikasi tidak hanya di Suger lor saja,” pintanya.

Ia juga mengharapkan pentingnya mulai mempersiapkan chanelling dan management industri yang baik. Karena, nantinya saat petani telah konsisten menanam, perlu diikuti dengan market yang sudah jelas. Karena itu perlu, menyiapkan jembatan dari hulu hingga ke market.

“Management industri dalam berproduksi. Sehingga market ini merasa tenang bahwa akan disupplay terus. Itu yang harus kita berikan chanelling,” katanya.

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin dalam sambutannya menjelaskan, pengembangan padi varietas lokal HMS 400 ini merupakan upaya peningkatan produksi padi di Bondowoso dan mengharapkan perhatian khusus dari Kemendes.

Baca Juga:  Bertambah, Tiga Pelaut di Bangkalan Positif Covid-19

“Saya informasikan masyarakat Bondowoso ini mayoritas bertani. Sekitar 60 persen bertani. Makanya disini perlu mendapatkan perhatian dari Kemendes, yaitu pengembangan padi varietas HMS 400,” pungkasnya.

Reporter: Nanang

Redaktur: Zul

WhatsApp chat