oleh

Menyatukan Kekuatan, Seni Seorang Pemimpin

MediaJatim.com, Jember – Menjadi pemimpin suatu daerah tentu membutuhkan mitra, karena tidak mungkin daerah hanya diurus oleh kepala daerah dan wakilnya. Untuk meraih sukses, pasti dibutuhkan kolaborasi yang bagus antara eksekutif dan legislatif. Tanpa kolaborasi, maka eksekutif sulit mengejawantahkan gagasan-gagasan ataupun program yang telah disusunnya.

“Maka kuncinya untuk berhasil (seorang pemimpin) adalah harus menjalin kerja sama yang baik dengan parlemen dan semua stake holder yang ada,” ucap Ketua DPD Partai NasDem Jember, Jawa Timur, H Marsuki Abd. Gofur saat memberikan pengarahan dalam rapat internal di kantor Bappilu, Jember, Kamis (17/7).

Baca Juga:  H Marsuki: Hendy-Gus Firjaun Jadikan Jember Kota Bisnis tanpa Hilangkan Identitas Kesantrian

H Marsuki menambahkan, mengelola sebuah daerah dengan beragam potensi alam dan manusia yang beraneka ragam karakternya, tentu tidak mudah. Sebab untuk mengelola SDM (sumber daya manusia) yang beragam menjadi sebuah energi membutuhkan keuletan dan ketelatenan.

“Justru di situlah seni seorang pemimpin. Pemimpin harus bisa menyatukan kekuatan yang ada untuk mendukung ide-ide demi kemajuan daerah yang dipimpinnya. Pemimpin harus punya cara untuk mengelola keberagaman menjadi sebuah kekuatan,” urainya.

Bakal calon bupati Jember itu menegaskan, kekuatan seorang pemimpin bukan semata-mata karena pintar dengan sederet titel yang menyertai namanya, tapi justru karena kepiawaiannya dalam menyatukan keanekaragaman SDM yang melingkupinya.

Baca Juga:  Deni Prasetya: Mahasiswa Jangan Alergi terhadap Politik

“Kalau saya, menyatukan kekuatan itu adalah memperkuat hubungan dengan kawan, dan merangkul kekuatan lawan. Dan itu tidak masalah demi kemajuan Jember,” pungkasnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6