oleh

Pastikan Hewan Kurban Sehat, Dokter Hewan Pacitan Buka Posko Pemeriksaan Gratis di Pasar Pon

MediaJatim.com, Pacitan – Guna memastikan hewan kurban sehat dan aman, sejumlah Dokter Hewan di Pacitan membuka posko khusus, untuk pengecekan kesehatan, pemberian vitamin dan obat cacing kepada hewan kurban secara cuma-cuma, di Pasar Pon, Desa Semanten, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (21/7/2020).

Terlihat, sejak pagi hari sejumlah dokter hewan yang bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan itu bersama-sama melakukan pemeriksaan kepada hewan yang ada di Pasar Pon, secara masif.

“Pelayanan ini semua gratis ya, bagian dari pengabdian kami dan ikut serta dalam memastikan hewan kurban yang sehat, aman dan berkualitas,” terang drh Mahendra Setya, Koordinator Dokter Hewan Pacitan, di sela-sela kegiatan, Selasa siang.

Baca Juga:  3 Warga Banyuwangi Dibekuk Polisi Terkait Kepemilikan Dua Senjata Api Laras Panjang

Kegiatan yang berlangsung hingga siang hari itu, selain melakukan pemeriksaan dan pembagian obat cacing bolus secara gratis, juga melakukan pendataan sapi yang keluar masuk dalam kota dan juga dibuatkan Penerbitan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Ditemui terpisah, drh Alex Arizona, Kepala UPT Puskeswan, Dinas Pertanian Pacitan mengatakan, Pacitan sebagai kabupaten paling ujung selatan Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini, menurutnya memiliki tanggung jawab untuk andil dalam menciptakan keamanan penyebaran hewan kurban yg sehat.

Hal ini, sambung Alex, merupakan bukti kepedulian pemerintah untuk terus melindungi masyarakat dari penyakit hewan. Terlebih, lalu lintas hewan ternak keluar kota yang dinilainnya cukup tinggi.

Baca Juga:  100 Ribu Jiwa Akan Terpapar Corona? Seleksi Genetis Berproses

“Semoga, ke depan dokter hewan mampu untuk terus ikut andil dalam kegiatan pelayanan kesehatan hewan seperti ini, apalagi lalu lintas hewan ternak keluar kota juga tinggi,” pungkas Alex, tanpa menyebut jumlahnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *