oleh

Pastikan Stok Hewan Kurban, Gubernur Khofifah Tinjau Pasar Hewan di Bangkalan

MediaJatim.com, Bangkalan – Guna memastikan ketersediaan sapi di Jawa Timur khususnya Bangkalan menjelang hari raya Idul Adha 2020, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung pasar hewan di Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan, Sabtu (25/7/2020).

Selain Pasar Tanah Merah, Khofifah juga meninjau kelompok ternak yang menjual hewan kurban secara online di Desa Pettong, Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan.

Pada kesempatan itu, Khofifah menyampaikan, pihaknya mengapresiasi format penjualan hewan kurban secara online karena mengingat saat ini di Jatim masih dilanda pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Wakil Ketua DPRD Jember: Pernyataan Penny Provokatif dan Menghina Parlemen

“Masyarakat tersupport dengan format online ini, masyarakat dari berbagai daerah bisa tetap menjalankan ibadah pemotongan hewan kurban. Jadi yang bayar dari berbagai daerah, tapi pemotongan dilakukan di sini dengan menyiapkan alat timbang,” ujarnya.

Mantan Menteri Sosial itu juga mengapresiasi ikhtiar masyarakat Bangkalan dengan adanya inseminasi buatan untuk sapi-sapi pejantan di kelompok ternak sapi Pettong.

“Artinya proses ini akan menguatkan pembiakan dari sapi-sapi yang ada di Bangkalan,” terangnya.

Tak hanya itu, tujuan peninjauan pasar hewan itu, kata Khofifah, pihaknya ingin memastikan koordinasi dengan Bupati Bangkalan untuk menyiapkan hulu-hilir budidaya ternak sapi di Bangkalan sudah memenuhi kebutuhan ekonomi, seperti pembuatan konsentrat.

Baca Juga:  Pastikan Hewan Kurban Sehat, Dokter Hewan Pacitan Buka Posko Pemeriksaan Gratis di Pasar Pon

“Kita mesti menghitung, kita membutuhkan berapa banyak konsentrat untuk sapi yang ada di Pettong atau mungkin Tanah Merah. Kalau sudah seperti itu, maka dimungkinkan untuk kita membuat pabriknya meskipun dalam skala kecil,” tukasnya.

Reporter: Wahyudi

Redaktur: Sulaiman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *