oleh

Partai Politik Harus Bersatu Melawan Petahana

MediaJatim.com, Jember – Partai politik di Jember diharapkan bersatu dan menjalin koalisi besar untuk mengusung satu pasang calon menghadapi Petahana dalam Pilkada Jember 9 Desember 2020. Sebab, koalisi besar dengan satu pasang calon hingga terjadi satu lawan satu kontra Petahana, akan lebih ringan untuk memuluskan cita-cita masyarakat Jember, yaitu memiliki bupati baru dalam lima tahun kedepan.

“Saya kira sekarang dalam waktu yang sudah mepet ini, harus terjadi koalisi besar untuk melawan Petahana,” ujar mantan anggota DPRD Jember, H Zeinul Hasan di sela-sela lailatul ijtimak di aula kantor PCNU Jember, Senin (27/7/2020) malam.

Baca Juga:  Calon Bupati Fattah Jasin dan Foto Selfienya

Menurut Gus Zen, sapaan akrabnya, koalisi besar penting untuk membendung laju Petahana di Pilkada Jember, apalagi elektabilitasnya masih cukup tinggi. Sehingga semua partai politik perlu menyatukan langkah dan merapatkan barisan untuk melawan Petahana. Dikatakannya, NU menjadi faktor penting untuk bersatu melawan kekuatan Petahana. Sabagai Ormas yang punya kekuatan massa cukup banyak, NU memang harus solid karena akan menjadi kekuatan utama dalam barisan kontra Petahana.

“Namun NU saja tentu tidak cukup. Sebab, yang punya wewenang untuk mengerucutkan pasangan calon menjadi satu, ya partai politik,” jelasnya.

Baca Juga:  H Hendy: Pelebaran Jalan untuk Meningkatkan Mobilitas Ekonomi Masyarakat

Alumnus Pondok Pesntren Nuris, Antirogo, Jember itu menyatakan yakin bahwa partai politik yang ada bakal bersatu untuk melawan Petahana. Sebab missinya sama dalam Pilkada kali ini, yaitu mengalahkan Petahana. Lebih dari itu, Petahana sudah ‘tidak membutuhkan’ partai politik karena memilih jalur independen untuk bertarung dalam Pilkada 2020.

“Saya yakin partai politik masih bisa bersatu, karena missinya sama, mengalahkan Petahana,” pungkasnya.

Reporter: Ardiansyah

Redaktur: A6