oleh

Hadapi Tatanan Baru, Polres Pacitan Luncurkan Gerakan Jatim Bermasker

MediaJatim.com, Pacitan – Kepolisian Resor (Polres) Pacitan meluncurkan Gerakan Jatim Bermasker. Kegiatan itu, sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan adaptasi tatanan baru, Kamis (6/8/2020).

Acara yang dilangsungkan di Balai Desa Sumberharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur itu, tidak lain merupakan salah satu program dari Polda Jatim, dalam rangka menggugah kesadaran masyarakat untuk menyambut adaptasi kebiasaan baru di tengah situasi pandemi yang hingga kini masih berlangsung.

“Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Jatim, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan demi mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pacitan,” ujar AKBP Didik Haryanto, S.I.K., Kapolres Pacitan dalam sambutannya, Kamis sore.

Didik menegaskan, kegiatan Launching Gerakan Jatim Bermasker tersebut bukan hanya menjadi kegiatan formalitas dan jargon semata. Namun, secara terus menerus harus di sosialisasikan tanpa melihat batasan waktu dan tempat.

Baca Juga:  Terima Kunjungan Tim Penilai Lomba KTL Jawa Timur, Ini Harapan Satlantas Polres Pacitan

“Gerakan Jatim Bermasker ini mari kita lakukan dengan baik dan dengan sepenuh hati, demi Pacitan menjadi zona aman dari Covid-19,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0801 Pacitan, Letkol Inf Nuri Wahyudi merasa bangga dapat menjadi bagian dari Gerakan Jatim bermasker. Ia mengatakan bahwa, TNI dan Polri adalah pendukung penegakan hukum dari pemerintah juga Pemkab Pacitan. Hal itu, sesuai dengan instruksi presiden untuk melakukan penegakan hukum bagi warga yang tidak disiplin akan protokol kesehatan.

“Gerakan bermasker harus benar-benar dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Pacitan. Untuk itu, mari kita galakan ketertiban dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan ini,” ungkap Dandim.

Baca Juga:  Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Polres Pacitan Luncurkan Kampung Tangguh

Hal serupa juga disampaikan Bupati Pacitan Indartato. Ia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggalakkan kegiatan itu dengan baik dan dapat dijalankan dengan benar, agar masyarakat Pacitan dapat terhindar dari Covid-19.

“Mari masyarakat Pacitan kita sadar memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya. Semoga Pacitan menjadi zona hijau,” ujar bupati, yang dilanjutkan dengan penyerahan sekaligus pemakaian masker secara simbolis kepada PKK Desa Sumberharjo, Fatayat NU, paguyupan Ojol, ojek pangkalan, pramuka, kelompok ontel tua, LSM dan OKP Desa Sumberharjo serta sejumlah masyarakat.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul