oleh

Kiai Taufik Ungkap Cinta Nabi di Upacara HUT RI Ke-75

MediaJatim.com, Pamekasan – Ruh kemerdekaan adalah cinta. Cintalah yang dapat menumbuhkembangkan kemerdekaan. Cinta dan kemerdekaan menjadi satu kesatuan yang nyaris mustahil dipisahkan.

Saat menjadi Instruktur upacara HUT RI ke-75 di halaman PCNU, Jalan R Abd Aziz Nomor 95 Pamekasan, KH Taufik Hasyim menyinggung cinta ala Nabi pada negeri, Senin (17/8/2020).

Ketua PCNU Pamekasan tersebut mengungkapkan, Nabi Muhammad memerintahkan langsung kepada umatnya untuk mencintai negeri. Karenanya, cinta tanah air adalah bagian dari iman.

“Saat Nabi di Madinah, beliau berdoa kepada Allah untuk menguatkan cinta pada Madinah sebagaimana cinta beliau pada Makkah yang merupakan tanah kelahirannya,” ungkap Kiai Taufik.

Baca Juga:  Masuk Pasar Pedotan, Babi Hutan Ini Dikira 'Ngepet'

Pengasuh Pondok Pesantren Sumber Anom, Palengaan, Pamekasan tersebut menegaskan, mencintai Indonesia tidak terlepas dari konsekuensi logis kita lahir di negeri ini.

“Kita minum air dari air Indonesia; mengonsumsi buah-sayur dari tetumbuhan Indonesia; menghirup udara dari oksigen Indonesia; bahkan ketika meninggal pun kita dikuburkan di tanah Indonesia,” tukasnya.

Meskipun sedang diterpa wabah Covid-19, pacara HUT RI ke-75 PCNU Pamekasan tidak kehilangan spiritnya. Ribuan nahdliyin menyesaki halaman kantor PCNU Pamekasan. Mereka berasal dari Lembaga, Lajnah, dan Badan Otonom (Banom) NU yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Baca Juga:  KPM PKH SBB Antusias Sambut Presiden

Reporter: A6

Redaktur: Zul