oleh

BPBD Pacitan Sebut Warga Desa Tambakrejo Siap Hadapi Musim Kemarau 2020

MEDIAJATIM.COM, Pacitan – Pasokan air bersih pada musim kemarau tentunya sangat berkurang, bahkan sulit didapat oleh sejumlah warga yang terdampak kekeringan.

Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, misalnya, sejak beberapa waktu lalu sejumlah desa telah meminta pasokan air bersih ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, salah satunya Desa Tambakrejo.

Menurut keterangan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo, pada musim kemarau ini desa yang sudah mengajukan permintaan air bersih ke BPBD yakni Desa Tambakrejo, Kecamatan Pacitan.

“Yang sudah mengajukan ke BPBD secara resmi Desa Tambakrejo, peruntukkannya di Dusun Weru,” ujar Didik, saat ditemui Media Jatim di ruang kerjanya, Selasa (01/09/2020).

Namun demikian, lanjut Didik, kesiapan dari warga desa setempat dalam menghadapi musim kemarau tahun ini dinilainya cukup baik, terutama untuk mencukupi kebutuhan air bersih. Namun karena ketersediaan air yang terbatas, sehingga masih perlu droping air bersih guna mencukupi kebutuhan warga.

Baca Juga:  Calya, Mobil Keluarga Incaran Banyak Orang

“Kita sudah koordinasi dengan pihak desa setempat. Alhamdulillah, saat kita cek ke lokasi kebetulan warga sedang kerja bakti dan sudah bersiap menghadapi musim kemarau ini, meski ada satu wilayah (di Desa Tambakrejo) yang perlu penanganan khusus,” katanya.

Di samping itu, Didik mengatakan bahwa kekeringan yang melanda Kabupaten Pacitan ini, pihak BPBD telah memonitoring sebanyak 147 desa yang rawan akan bencana tersebut. Menurutnya, hal itu berdasarkan kejadian tahun 2019 lalu di wilayah tersebut terdampak kekeringan.

“Yang mengalami kering kritis ada 45 desa setiap tahunnya. Itu kita fokuskan. Tapi tidak menutup kemungkinan perkembangan di lapangan selalu kita monitoring. Selain itu kita juga melakukan droping air bersih di beberapa lokasi rawan kekeringan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Satgas di Pamekasan Bubarkan Perkumpulan Massa

Ditemui terpisah, Kepala Desa Tambakrejo, Arif Winarno sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, dalam hal ini BPBD Pacitan yang turun langsung melakukan pengecekan lokasi terdampak kekeringan.

“Kami selaku pemerintah desa menyampaikan terimakasih ke BPBD Pacitan yang melihat langsung kondisi di Desa Tambakrejo yang terdampak kekeringan dan membantu meringankan beban warga dengan progam droping air bersih. Semoga bermanfaat,” ucapnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Aryudi AR