oleh

Bantu Warga di Masa Pandemi, Bhabinkamtibmas Bangkes Kembangkan Budidaya Bawang Merah

MEDIAJATIM.COM, Pamekasan – Dalam melaksanakan sambang desa binaan, Bhabinkamtibmas Polsek Kadur Aipda Andry Eko Setiawan, SH dengan kekompakan yang ditunjukkan merangkul petani dalam menggarap lahan.

Komandan Andry memanfaatkan lahan tidak produktif, serta menerapkan ilmu pertanian yang didapat dari pelatihan pertanian di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2018. Sehingga, lahan pertanian di Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, diupayakan tidak lagi menjadi lahan tidur. Sebab, sudah dijadikan lahan produktif sebagai kawasan pertanian bawang merah, Kamis (3/9/2020) pagi.

Guna mendukung ketahanan pangan selama masa pandemi covid-19, Bhabinkamtibmas Desa Bangkes Polsek Kadur membantu warga binaannya mengembangkan tanaman bawang merah. Lokasi tanah khas desa milik Dusun Kampung Tangguh Desa Bangkes dengan menggandeng devisi pangan untuk membantu petani.

“Masyarakat memanen hasil tanamannya di lahan tanah yakni bawang merah yang sudah tiga kali panen. Itu dalam menyikapi kebutuhan pangan di masa wabah Covid-19 yang melanda warga saat ini. Salah satu di antaranya disektor pertanian yang masih menjadi andalan di saat sektor lain sedang lesu,” ungkap Aipda Andry.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Camat Jangkar Beri Opsi Tutup Masjid

Untuk menggerakkan masyarakat membuka lahan pertanian bawang merah, dilakukan dengan cara memberikan pembinaan yang ditangani langsung oleh Aipda Andry. Hal ini sebagai upaya untuk membantu perekonomian masyarakat dan peningkatan pangan.

“Dan merubah pola tanam dari tanaman tembakau ke tanaman bawang merah. Kerja sama yang sudah terjalin dengan warga binaan bersama Bhabinkamtibmas ini mampu menumbuhkan sinergitas dalam setiap kegiatan di masyarakat,” terang Aipda Andry.

Sosok Bhabinkamtibmas ini, dikenal cukup aktif dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat tani, terutama bercocok tanam bawang merah. Sehingga, warga binaan sangat mengapresiasi karena selama ini juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa dan masyarakat.

Baca Juga:  Ngobrol Politik Kekinian Bareng Sandi di Madura

Di samping itu, Aipda Andry selalu hadir dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Desa Bangkes.

Kapolsek Kadur AKP Moh. Tarsun Hidayah, S.Pd. SH., MM., saat dikonfirmasi di tempat kerjanya menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi tindakan kepedulian yang dilakukan oleh Aipda Andry Eko Setiawan, SH selaku Bhabinkamtibmas Desa Bangkes. Apresiasi ini juga mendapatkan piagam penghargaan baik dari Kapolres Pamekasan hingga Kapolri.

“Kami ucapkan terima kasih atas inovasi yang telah dilakukan selaku Bhabinkamtibmas dalam merangkul petani melalui wadah kelompok tani dengan menjadikan lahan tidur menjadi produktif,” tukas Kapolsek.

Reporter: A6

Redaktur: Zul