oleh

Ketua F-PKB Pamekasan Apresiasi Pemkab Distribusikan Air Bersih Gratis

MEDIAJATIM.COM – Inovatifdan betul-betul nyata berpihak kepada masyarakat bawah. Itulah apresiasi Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Khairul Umam terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, baru-baru ini.

Kebijakan tersebut berupa launching distribusi air bersih gratis ke desa-desa yang terdampak kekeringan. Sejatinya kebijakan tersebut merupakan rangkaian kebijakan sebelumnya berupa pengeboran air bersih di desa-desa.

“Pengeboran tersebut kini betul-betul dirasakan manfaatnya. Desa-desa yang terdampak kekeringan berkurang. Kendati demikian, tentu masih terdapat beberapa desa yang terdampak puncak musim kemarau. Kami cermati, desa yang terdampak tersebut langsung disentuh dengan kebijakan pendistribusian air besih,” terang Khairul Umam, Selasa (8/9/2020) malam.

Baca Juga:  Bupati Baddrut: Ramadhan, Momentum untuk Perbaiki Diri

Dalam penilaiannya, bantuan air bersih kepada semua desa terdampak kekeringan memang merupakan perwujudan dari visi-misi Bupati Pamekasan Ra Baddrut Tamam. Dengan begitu, tambahnya, hal itu menjadi bukti nyata bahwa pemkab “menepati janji” kepada masyarakat bawah.

“Kebijakan tersebut merupakan “good will” Bupati yang perlu kita apresiasi bersama,” tegas pria yang mudah akrab dengan siapa pun itu.

Ditambahkan, langkah inovatif itu merupakan bentuk kepedulian yang manfaatnya bisa langsung oleh masyarakat dan memang sangat dibutuhkan.

“Mengingat ini memasuki musim transisi (antara kemarau-penghujan) di mana pada masa ini akan sangat kesulitan air bagi daerah-daerah kering di Pamekasan,” tegasnya.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Fasilitasi Sertifikasi Pengrajin Batik Tulis

Untuk diketahui, tahun 2020 ini terdapat 77 desa dan 311 dusun di Kabupaten Pamekasan yang terdampak kekeringan. Desa-desa dan dusun-dusun tersebut mendapat bantuan air bersih secara gratis dari Pemkab Pamekasan.

Kondisi kekeringan tahun ini sudah mulai menurun dari sebelumnya, karena sumber daya air hasil pengeboran dari Pemkab Pamekasan sebelumnya sudah bisa didistribusikan langsung kepada masyarakat.

Reporter: A6

Redaktur: Zul