oleh

Sepakat Menangkan Fauzi-Nyai Eva di Pilkada Sumenep

Mediajatim.com, Sumenep – Para kiai ‘khos’ dan 120 guru ngaji di empat desa di Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sepakat memenangkan pasangan Fauzi-Nyai Eva di Pilkada Sumenep mendatang, Rabu (16/9/20).

Empat desa yang sepakat mendukung pasangan dengan tagline ‘Bismillah Melayani’ ini, diantaranya Desa Sendang, Sentol Laok, Pekamban Daya dan Desa Aeng Panas.

Sebelum menyatakan dukungan, para kyai ‘khos’ dan ratusan guru ngaji ini menggelar khotmil quran, istigasah dan doa bersama di masjid, musala dan rumah tokoh di desa setempat.

“Sudah banyak tokoh dan kiai ternama yang pasang badan untuk Fauzi-Nyai Eva, kami lebih memilih yang banyak,” tutur Kiai Haqiquddin, salah satu kiai sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al-A’dhami Desa Sendang. 

Selama menjabat, jelas Kiai Haqiquddin, Wakil Bupati Achmad Fauzi, putra Slamet Wongso Yudho ini dikenal merakyat, santun dan ramah terhadap masyarakat.

“Harapan kami, jika Fauzi-Nyai Eva ditakdirkan (menang) semakin menyejahterakan guru ngaji. Sikap merakyat, santun dan ramah terhadap masyakat tidak pernah berubah,” harapnya.

Baca Juga:  Santuni Anak Yatim, Bupati Pamekasan Minta Doa dan Dukungan

Hal senada disampaikan oleh Kiai Maimun Suja’ie, salah satu kiai terpandang di Pragaan. Menurutnya, Achmad Fauzi sangat hormat pada kiai dan ulama. Di samping itu, dia tidak pernah merasa canggung bertemu dengan masyarakat.

“Selama lima tahun, kami nyaris tidak menemukan celah untuk Fauzi. Sementara Nyai Eva adalah salah satu tokoh perempuan yang menginspirasi kaum perempuan. Lebih-lebih muslimat NU,” jelas Koorcam JAGAZIVA tersebut.

Sementara itu, tokoh asal Desa Pekamban Daya, Kiai Habib mengungkapkan bahwa kegiatan hari ini merupakan Sumenep Mengaji dan deklarasi kemenangan Fauzi-Nyai Eva. Tujuannya, mendoakan pasangan Fauzi-Eva agar terpilih di Pilkada Sumenep yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Beliau nyaris tanpa sekat. Fauzi lebih memperhatikan akhlak, juga santun. Ditambah Nyai Eva, sosok yang adem dan santun juga. Itulah alasan kami kompak memenangkan Fauzi-Nyai Eva,” tegasnya.

Kiai Ma’mun Amar selaku tokoh Desa Aeng Panas menyambut baik gagasan ‘Sumenep Mengaji’ dan serap aspirasi Fauzi-Nyai Eva bersama guru ngaji. Menurutnya, keberadaan guru ngaji perlu mendapatkan porsi lebih. Sebab mereka merupakan pahlawan di desa-desa.

Baca Juga:  Cabuli Anak Bawah Umur, Seorang Kakek Diringkus

“Sangat, sangat positif. Dan tentu kabar baik bagi guru ngaji di Sumenep. Lebih-lebih-lebih di Aeng Panas. Kami mendukung,” akunya.

Terkait pasangan Fauzi-Nyai Eva, Kiai Ma’mun melihat pasangan yang sempurna. Fauzi nasionalis, sementara Nyai Eva dari kalangan religius. Selain itu, kata Kiai Ma’mun, keduanya merupakan sosok yang santun dan ramah.

“Atas dasar itulah, kami mendukung Fauzi-Nyai Eva,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Jaringan Guru Alif Fauzi-Eva (JAGAZIVA), Moh. Bisri menyatakan, kegiatan khotmil quran dan deklarasi guru ngaji merupakan salah satu bentuk kepedulian Fauzi-Nyai Eva terhadap guru ngaji. Gagasan ‘Sumenep Mengaji’ tidak lain merupakan bagian dari pasangan Fauzi-Nyai Eva untuk menyerap aspirasi para guru ngaji.

“Hari ini perdana. Setelah itu Sumenep Mengaji juga akan digelar di kecamatan dan desa lainnya. Seperti di desa Gapura, Dungkek, Bluto, Guluk-guluk, kepulauan dan lainnya,” jelasnya.

Reporter: NK
Redaktur: Sulaiman