oleh

Upaya Pemdes Gondanglor Ajak Anak-anak Gemar Makan Ikan untuk Cegah Stunting

MEDIAJATIM.COM | Lamongan – Upaya menekan angka stunting terus digalakkan, salah satunya dengan mensosialisasikan gerakan gemar makan ikan pada anak usia dini. Seperti mengadakan lomba mewarnai yang diikuti anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) SE Desa Gondanglor di Balaidesa Gondanglor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan, Sabtu (26/09/2020).

Kepala Desa Gondanglor Hardian Permana mengatakan kegiatan lomba mewarnai yang diikuti 3 lembaga PAUD se Desa Gondanglor ini sebagai upaya mensosialisasikan gemar makan ikan pada anak usia dini. Selain itu, acara yang diikuti sekitar 50 anak-anak PAUD ini sebagai upaya menjadikan Desa Gondanglor zero stunting.

“Ya kita tahu stunting merupakan hal yang tidak kita inginkan, tetapi kita harus edukasi secara terus-menerus tidak boleh berhenti,” ungkap Kades yang penuh invasi.

Baca Juga:  Peduli Covid-19, Kajari Beri Bantuan APD dan Menu Buka Puasa Bagi Tim Medis Covid-19 di RSUD Soegiri

Dalam kesempatan penuh keyakinan, Kades Gondanglor ini mengajak masyarakatnya khususnya pada ibu muda yang sedang hamil untuk mau membuka wawasan dan selalu berperilaku hidup sehat guna mengurangi anak dengan kondisi stunting.

“Biasanya ibu-ibu yang penting kenyang. Itu yang tidak boleh. Harus ada keseimbangan gizi yang diperhatikan, apalagi ibu-ibu yang sedang hamil. Harus ada ikannya, sayurnya, susunya, karbohidratnya dan buah,” tandasnya.

Sementara Kepala PAUD Darmawanita Desa Gondanglor Isni Endang Suwati,S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan, selain sebagai wahana hiburan juga edukasi pada anak-anak untuk mensosialisasikan upaya gemar makan ikan.

Baca Juga:  Kemenag Lamongan Bagikan Zakat Profesi untuk Fakir Miskin dan Masyarakat Terdampak Covid-19

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias mengikuti acaranya, semoga anak-anak tetap sehat,” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan kepala PAUD Muslimat NU Desa Gondanglor Wiwik Hartini,S.Pd dalam upaya cegah stunting tidak hanya peran pemerintah tapi seluruh masyarakat juga harus memahami dan mau melakukan yang terbaik demi masa depan anak-anak.

“PAUD Muslimat NU sangat mendukung upaya Pemdes dalam mencegah stunting, dengan acara seperti ini anak-anak semakin senang akan upaya gemar makan ikan,” tegasnya.

Reporter: Bisri

Redaktur: Zul