oleh

IAIN Madura Bahas Dinamika Hukum Islam dan Peradaban Islam Dunia Melalui ICILAC

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Jum’at (2/10/2020), IAIN Madura melalui Fakultas Syariah mengadakan Call for Papers and International Conference on Islamic Law & Civilization (ICILAC 2020) dengan Tema “The Dynamics of Islamic Law and Civilization in Islamic World”.

Konferensi tersebut berlangsung pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 yang dikemas dalam 2 sesi. Sesi utama dilaksanakan pada pukul 09.00-12.00 WIB. Sedang sesi Paralel dilaksanakan 13.00-15.00 WIB.

Maimun, Dekan Fakultas Syariah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kontribusi Fakultas Syariah dalam Dinamika Hukum Islam dan Peradaban di Dunia sesuai dengan tema ICILAC 2020 “The Dynamics of Islamic Law and Civilization in Islamic World”.

“Kegiatan ini sebagai kontribusi nyata keharusan untuk terlibat dalam Dinamika Hukum Islam dan Peradaban di Dunia sesuai dengan tema ICILAC 2020 ‘The Dynamics of Islamic Law and Civilization in Islamic World’,” katanya, Kamis (1/10/2020).

Meskipun dalam suasana pandemi, jelasnya, tidak mengurangi sedikit pun semangat Fakultas Syariah IAIN Madura untuk tetap berkarya dalam bidang Hukum Islam dan Peradaban.

ICILAC 2020 diikuti secara virtual melalui Zoom Meeting dengan jumlah peserta kurang lebih 150 peserta dan di kanal YouTube Fakultas Syariah IAIN Madura sejumlah kurang lebih 1000 views. Kegiatan ICILAC 2020 dipandu oleh salah satu Dosen Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Madura, Wasilatur Rohmaniyah.

Pembukaan secara resmi ICILAC 2020 oleh Rektor IAIN Madura, Mohammad Kosim. Dalam sambutannya Rektor IAIN Madura tersebut berharap, sebagai umat Islam kita dapat mengikuti dinamika hukum Islam serta perkembangan peradaban saat ini.

Baca Juga:  Menanamkan Cita-cita di Usia Dini

“Selaku umat Islam, kita harus dapat mengikuti arus dinamika hukum Islam dan perkembangannya,” ujar Rektor asal Sampang tersebut.

Setelah ICILAC 2020 dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Madura, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Hosen, Kepla Laboratorium Syariah IAIN Madura.

Kegiatan pembukaan ICILAC 2020 akhirnya secara resmi dibuka dan dimulai ditandai dengan penyerahan acara dari MC kepada Moderator, Muhammad Taufiq, Dosen Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Madura, untuk memandu acara utama ICILAC 2020.

ICILAC 2020 menghadirkan Narasumber terkemuka dari 3 Benua yang membahas tentang Dinamika Hukum Islam dan Peradaban di Dunia antara lain Prof. Dr. Khoiruddin Nasution dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. – Prof. Dr. Alwi Hamed ben Shihab dari Seiyun University, Hadramawt, Yaman. Prof. Dr. Muyesser el-Mekki dari Islamic University of Minnesota, Istanbul, Turki. Dr. Muhammad Ayman Al-Akiti dari International Islamic University, Malaysia.

Dr. Erie Haryanto, M.H. (Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah IAIN Madura) – Indonesia, dan Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum Wakil (Dekan 2 Fakultas Syariah IAIN Madura) – Indonesia. Seluruh narasumber dengan memukau menyampaikan materi dengan sangat intens dan menghadirkan suasana kekeluargaan yang sangat erat antara 3 benua dan 4 negara tersebut. Presentasi yang disampaikan juga sangat menginspirasi seluruh peserta untuk turut andil dalam Dinamika Hukum Islam serta Peradaban di Dunia.

Setelah acara utama ICILAC 2020 selesai dilanjutkan dengan istirahat pada pukul 12.00 WIB, seluruh peserta akhirnya memasuki ruang panel sesuai dengan tema paper yang akan dipresentasikan dipandu oleh panitia ICILAC 2020 Fakultas Syariah IAIN Madura.

Baca Juga:  Hima Prodi PAI STAIN Hidupkan Kepedulian Pemuda

Pada sesi panel kali ini, diikuti oleh 33 peserta yang dibagi ke dalam 3 panel, yakni Panel 1 : Islamic Economic Law –dipandu oleh Harisah, M.Sy (Dosen Program Studi Hukum Ekonomi Islam Fakultas Syariah IAIN Madura); Panel 2 : Islamic Family Law –dipandu oleh Azhar Amrullah Hafizh, Lc., M.Th.I (Dosen Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Madura); dan Panel 3 : Islamic Law –dipandu oleh Akhmad Farid Mawardi Sufyan, M.HI (Dosen Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Madura). Bagi peserta yang tidak menjadi presenter, diperbolehkan untuk mengikuti ruang panel sesuai dengan minat serta keinginan peserta. Sesi panel akhirnya berjalan lancar dan kondusif sesuai Rundown acara ICILAC 2020.

Pada akhir acara, Ketua Panitia serta Moderator ICILAC 2020, Muhammad Taufiq, Lc., Ph.D (Cand.), menyampaikan rasa syukur serta berterimakasih kepada seluruh peserta ICILAC 2020 yang telah berpartisipasi aktif dan mendukung kelancaran kegiatan ini secara kondusif.

“Syukur acara ini lancar. Terima kasih kepada anda yang terlibat dalam acara ini,” katanya.

Dia berharap, agar ICILAC 2021 dapat dilaksanakan secara on The Spot/luring. Sekaligus mengajak seluruh peserta untuk mengunjungi dan bersilaturahmi ke Bumi Madura.

“Satu kata untuk kegiatan ICILAC 2020 ini, MEMUKAU!,” pungkasnya.

Reporter: Gafur

Redaktur: Zul