H Sulisno: AHSAN Ingin Berdayakan Santri

MEDIAJATIM.COM | Jember – Satu lagi organisasi berskala nasional berdiri di Jember. Yaitu Asosiasi Himpunan Santri Nasional (AHSAN), sebuah organisasi sosial yang mewadahi para santri di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kepengurusannya berjenjang mulai dari kabupaten, provinsi hingga pusat.

Menurut Ketua AHSAN Jember, H Sulisno, pendirian organisasi yang dipimpinnya dimaksudkan untuk memberdayakan santri, terutama dari sisi ekonomi. Untuk saat ini, katanya, pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya kaum santri merupakan program prioritas AHSAN. Sebab, santri termasuk elemen masyarakat yang cukup para terkena dampak ekonomi virus Corona.

Baca Juga:  Anggota DPRD Jawa Timur Sebut Jeruk Semboro Jadi Trade Merk

“Dalam masa pandemi Corona seperti ini, maka yang paling pas program AHSAN adalah meringankan beban santri dengan cara memberi bantuan dan sebagainya,” ujarnya saat Deklarasi Kepengurusan AHSAN Jember di Convention Hall Resto Bambu Kuning, Banggsalsari, Jember, Ahad (11/10/2020).

H Sulisno menambahkan, santri mempunyai potensi besar untuk mengembangkan diri dalam beragam spesifikasi pekerjaan. Sebab secara umum, selain belajar ilmu agama dan umum, santri secara umum juga menguasai banyak ilmu di lapangan, sehingga santri bisa menjadi pedagang, politisi, petani, apalagi kiai dan sebagainya.

Baca Juga:  Muluskan Impor, Mafia-Pemerintah Aktori Kelangkaan Garam

“Termasuk santri juga sangat bisa melakukan usaha di bidang ekonomi, bahkan tak sedikit santri yang sukses menjadi pengusaha. Santri memang luar biasa,” jelasnya.

Di sisi lain, pengusaha otomotif itu membantah bahwa pendirian AHSAN mempunyai tujuan politis. Katanya, organisasi yang didirikannya murni untuk kepentingan sosial, tidak ada kaitannya dengan perhelatan politik apapun.

“Saya jamin ini (AHSAN) tidak ada embel-embel politik,” pungkasnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6

WhatsApp chat