Liput Demo, Seorang Jurnalis di Banyuwangi Dapat Perlakuan Represif

  • Bagikan

MEDIA JATIM | Andi Wimbo Sasono, jurnalis media online seblang com diduga mendapat perlakuan represif dari oknum polisi saat meliput demo penolakan omnibus law lanjutan di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (26/10/2020).

Dalam konfirmasinya pihaknya mengatakan, saat demo berlangsung dia menggunakan kamera ponselnya untuk merekam vidio momen seputar penangkapan aktivis yang diduga provokator di dekat Kampus Universitas Tujuh Belas Agustus 1945, titik berkumpulnya massa yang hendak berunjuk rasa ke gedung DPRD setempat.

Saat itu dia sempat ditanyai seorang petugas berbaju preman yang diduga melarangnya merekam momen tersebut. Dari pertanyaan itu kemudian dia menjawab bahwa dirinya adalah seorang jurnalis. Nampaknya, perlakuan itu dialaminya kembali saat dia merekam momen demo di gedung DPRD Banyuwangi.

Baca Juga:  Ritme Permainan Madura United Kian Stabil, Ini Buktinya

Jurnalis ini kembali ditanyai petugas okmum polisi yang sedang mengamankan aksi unjuk rasa tersebut. Bahkan, meski dia sudah menunjukan ID Card medianya oknum polisi itu masih menanyakan surat tugas. Bahkan, ponsel miliknya nyaris dirampas.

“Saya sudah jawab jika saya ini wartawan dan menunjukan ID Card media saya. Kamera saya juga mau dirampas. Peristiwa ini langsung saya adukan ke pimpinan media saya,” terang Wimbo.

Mendapat aduan itu, Erwin Yudianto SH komisaris media online seblang com mengecam keras tindakan represif oknum polisi yang diduga menghalangi tugas jurnalis. Dia meminta Kapolresta Banyuwangi untuk segera menindak oknum tersebut.

Baca Juga:  Gubernur Jatim Targetkan Pendidikan Berstandar Jerman

“Kejadian ini bukan hanya bentuk intimidasi kepada jurnalis, tapi ini sudah pelecehan terhadap jurnalis, terlebih petugas diduga berusaha merebut HP milik jurnalis kami. Dengan ini kami meminta kepada oknum polisi itu untuk segera melakukan permohonan maaf secara terbuka, karena tindakannya menyalahi UU Pers,” tegas Erwin.

Pewarta : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat