oleh

Pesantren Al Falah Sumber Gayam Gelar Harlah ke-96 dan Silaturahim Alumni

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Pondok Pesantren Al Falah Sumber Gayam, Kadur, Pamekasan sukses menggelar Hari Lahir (Harlah) yang ke-96 sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bersama para Ikatan Alumni Alfalah (IKAFA) di halaman Masjid Pesantren, Senin (16/11/2020).

Harlah tersebut diisi dengan pengajian umum bersama KH. Ach. Romli Fakhri, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ulum Kokop Bangkalan serta diikuti langsung oleh ribuan Alumni Pondok Pesantren Al Falah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pengasuh KH. Hefni Thoha, Ketua Yayasan KH. Afifuddin Thoha, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah (Staifa) K. Syairozi, Jajaran Kepala Sekolah di bawah nanungan Yayasan Al-Falah, Para Masyaikh dari beberapa pesantren, tokoh masyarakat, Banom NU Kadur, dan para alumni dari berbagai daerah.

Baca Juga:  Situbondo Zona Merah Corona, Tempat Prostitusi Bandengan Tetap Buka

Ketua Ikatan Alumni Al Falah Sunaito menyampaikan, maksud kegiatan Harlah sebagai sarana silaturrahim antara alumni dan pesantren.

“Sebagai silaturrahim bagi alumni, karena alumni bagian dari pesantren. Maka sudah pasti, besar tidaknya pesantren juga tergantung peran dari para alumni,” ucapnya.

Ia berharap, alumni tetap solid dalam membantu memajukan pesantren yang sangat dicintainya, termasuk melalui mensupport dalam setiap program yang dilaksanakan pesantren.

“Saya berharap alumni selalu kompak dalam melihat situasi pesantren dan menjalankan program dari pesantren demi kemajuan pesantren itu sendiri,” harapnya.

Sementara Kiai Afifuddin Thoha selaku Ketua Yayasan, mengajak alumni untuk semakin mempererat hubungan rohani dengan para pendiri Al Falah, utamanya melalui Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU).

Baca Juga:  Kronologi Kebakaran Dekat Pasar Blumbungan

“Hubungan Rohani dengan guru, utamanya dengan para pendiri pesantren terus dijaga, baik melalui doa, kesadaran diri melalui pesantren atau Nahdlatul Ulama,” tutur kiai yang saat ini menduduki jabatan ketua Rois Syuriah PCNU Pamekasan tersebut.

“Ketika sudah aktif di pesantren dan NU, jangan lupa niatkan untuk menegakkan agama Allah, memperdayakan masyarakat. Barangkali itu yang akan menjadi buahnya pesantren,” lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Kiai Afif, biasa disapa, memberikan apresiasi kepada para alumni yang istiqomah memberikan peran untuk kemajuan pesantren.

Sedangkan KH. Ach. Romli Fakhri sebagai penceramah memberikan pemaparan tentang kemuliaan nabi serta ngaji perjuangan Kiai Thoha dalam membesarkan pesantren dan NU.

Reporter: Syarofi

Redaktur: Zul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *