oleh

Meski Pandemi, Sekelompok Siswa MTSN 3 Malang Tetap Produktif dalam Penelitian

MEDIAJATIM.COM | Di tengah pandemi Covid-19, ada banyak kegiatan yang dibatasi. Contohnya, kegiatan belajar-mengajar di sekolah dan kampus, aktivitas di kantor, keagamaan, fasilitas umum, sosial budaya, hingga pertahanan dan keamanan. Namun hal itu tidak membuat produktifitas siswa-siswi di MTSN 3 Malang dalam melakukan penelitian menurun.

Sejauh ini sebanyak 25 siswa-siswi yang tergabung dalam ekstrakulikuler KIR MTSN 3 Malang sedang melaksanakan beberapa penelitian, seperti membuat aplikasi untuk anak autis, membuat absorben dari jamur, listrik dari limbah pelepah pisang, pemanfaatan laboratorium maya, dan riset sosial di masa pandemi yang dibimbing oleh Ahmad Wahani Adid, Erwinda Sukma Safitri dan Deni Ainur Rokhim.

Baca Juga:  Tiga Siswa MTsN Sumber Bungur Raih Medali Thailand International Math Olympics

Dalam penelitian ini, teknisnya dilaksanakan secara daring maupun luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Penelitian ini mirip seperti penelitian-penelitian lainnya dalam ekstrakulikuler KIR namun kali ini dilaksanakan secara daring maupun luring dengan membatasi siswa yang datang ke sekolah dan mematuhi protokol kesehatan yang ada,” kata Deni Ainur Rokhim, salah satu pembina ekstrakulikuler KIR di MTSN 3 Malang, Ahad (22/11/2020).

Kegiatan penelitian siswa yang diselenggarakan oleh MTSN 3 Malang ini bertujuan sebagai unjuk softskill dan hard skill siswa sebagai agent perubahan dan menunjukkan bahwa KIR dapat tetap eksis dan berjalan di tengah pandemi sehingga siswa dapat terus produktif melakukan penelitian.

Baca Juga:  #MahasiswaTuntutMenagdanRektor Trending di Twitter

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Zul