Iklan Stop Rokok Ilegal Sumenep

Rumah Zakat Action Respon Bencana Alam Erupsi Gunung Ile Lewatolok dan Gunung Semeru

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Surabaya – Bencana Alam Erupsi Gunung Ile Lewatolok di kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur dan di Gunung Semeru ini terjadi secara tiba-tiba dan menarik simpati dari berbagai elemen. Salah Satunya Rumah Zakat, sebagai salah satu Lembaga ZIS dan Kemanusiaan langsung menerjunkan Tim Relawannya ke lokasi terdampak khususnya di titik-titik Pengungsian, Selasa (1/12/2020).

Terhitung sejak Jumat hingga Ahad kemarin, erupsi terbesar dan berdampak kepada masyarakat sekitar gunung mengharuskan masyarakat untuk di evakuasi ke Kota Lewoleba, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata.

Stop Rokok Ilegal Sumenep

Rumah Zakat menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji dan juga alas tidur untuk pengungsi yang ada di Aula Ankara Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata.

Baca Juga:  H Badri: Sudah Selaiknya Kiai Ahmad Dapat Gelar Pahlawan

Sementara itu, bertempat di Pos KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Semeru alamat Gunung Sawur Ds. Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kec. Candipuro Kab. Lumajan, telah terjadi dan teramati awan panas guguran jarak luncur 2000 Meter kearah Besuk Koboan terekam di Sismograf amak 20 mm lahar gempa sedang berlangsung Selasa (1/12/2020).

Kondisi saat ini masyarakat Dusun Curah Koboan, Desa Supiturang dan Rowobaung Desa Oro-oro Ombo, Kec. Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kec. Candipuro diimbau untuk segera keluar rumah karena potensi lahar panas terjadi apabila turun hujan.

Situasi saat ini cukup gelap karena PLN sedang mati lampu. Sementara pengungsian warga berada di Pos Gunung Sawur, SD Supiturang dan Masjid setempat.

Baca Juga:  BPBD Lamongan Salurkan 1.000 Paket Bantuan Pemprov Jatim Bagi Korban Banjir Bandang di Pantura

Rumah Zakat menurunkan 5 Relawan langsung menuju lokasi bencana untuk melakukan assessment dan support tenaga untuk dapur umum. Kebutuhan mendesak diantaranya Makanan siap saji, masker, air bersih dan hygienis kits.

“Rumah Zakat saat ini sedang siaga di Gunung Merapi Jogja, di Gunung Ile Lewatolok dan di Gunung Semeru. Selain memberikan bantuan tenaga relawan, Rumah Zakat juga memberikan bantuan logistik dan kebutuhan selama bencana serta recovery. Semoga bisa meringankan beban para korban dan berharap beberapa bencana di Indonesia ini segera berlalu.” ujar Listanto, Kepala Cabang Rumah Zakat area Jawa Timur, Rabu (2/12/2020).

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Zul

Stop Rokok Ilegal
  • Bagikan
WhatsApp chat