oleh

Awali Tahun 2021, Pemdes Gagah Satukan Komitmen Menuju Desa Maju dan Mandiri

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Upaya meningkatkan sinergitas antar aparatur desa dengan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Gagah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, menyatukan komitmen untuk memajukan desa.

Kegiatan tersebut dikemas dengan “Silaturrahim Pemdes Gagah dalam rangka Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, RT/RW dan Linmas Tahun 2021”, Jumat Pagi (1/1/2021), di Kantor Pemerintah Desa Gagah.

Kepala Desa Gagah Hendra Budi Krisna menyampaikan, agenda ini sengaja melibatkan semua pihak, baik aparatur desa, tokoh agama, hingga pemuda, lantaran dinilai penting untuk bisa saling mendukung menuju Desa Maju dan Mandiri.

“Agar kita semua dapat menyatukan tekat untuk mengembangtumbuhkan potensi desa, yakni dengan saling support antar satu dengan yang lainnya, hingga kemudian menjadi Desa Maju dan Mandiri,” Tegas Hendra Budi Krisna.

Lebih lanjut, Kades Hendra, sapaan akrabnya, mendorong masyarakat untuk aktif terlibat dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan desa. Termasuk program selama satu tahun kepemimpinannya; Pembangunan Infrastruktur, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PANSIMAS) dan Pemanfaatan Tanah Kas Desa (TKD) yang dikelola BUMDes, serta Pelatihan Ekonomi Kreatif sampai ke tahap proses Produksi dan Pemasarannya.

Baca Juga:  Nama LSM Siti Jenar Dicatut untuk Peras Kepala Desa

Sehingga ia mengajak masyarakat untuk turut andil, terutama dalam menyampaikan aspirasi apa yang perlu dibenahi agar pemerintah desa terus melakukan perbaikan program dan pelayanan.

“Beberapa hal yang sudah kami lakukan, semoga menjadi solusi dan memakmurkan masyarakat. Kedepan marik kita juga bersama-sama membangun desa. Saya yakin dan berharap dapat mampu mensejahterakan masyarakat, khusunya di masa-pasca pandemi Covid-19,” jelas pengusaha muda itu.

Selain itu, Bambang Samidianto, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) Kecamatan Kadur menuturkan, pembangunan yang sejauh ini sudah terlaksana tidak akan berjalan tanpa dukungan dari berbagai pihak.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Satgas di Pamekasan Bubarkan Perkumpulan Massa

“Jadi selain saya ingin berterimakasih kepada masyarakat, juga memohon untuk menjaga dan merawatnya sebaik mungkin. Sebab sebagus apapun program dan pembangunan yang diinisiasi oleh pemerintah desa, jika tidak ada partisipasi dari elemen di bawah percuma; yang direncakanan tidak terlaksana, yang selesai jadi tidak bertahan lama,” tutur Bambang.

Dengan berlangsungnya kegitan ini, ungkapnya, ia yakin Pemdes Gagah dapat merangkul masyarakat. Sebaliknya, masyarakat juga dapat mendukung penuh perbaikan sistem dan kinerja aparatur desa dan elemen yang lain.

“Kemajuan sebuah desa, ditentukan oleh semua pihak,” tukasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul