Iklan Stop Rokok Ilegal Sumenep

Dua Mahasiswa IAIN Madura Juara MTQ Internasional

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Dua Mahasiswa IAIN Madura, Imroatul Jamilah dan Sofiyah raih juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antarmahasiswa tingkat internasional di ajang International Qiraat Competition 2021 Quran Society yang diadakan oleh National Textile University Faisalabad Pakistan, Rabu (13/1/2020). Sedang pengumuman dilakukan Kamis (14/1/2020) malam.

Abdul Ghofur, Dosen IAIN Madura sekaligus pengawal keikutsertaan dua mahasiswa tersebut membenarkan informasi itu. “Ya benar, Mas. Hanya saja, sertifikat dari kampus penyelenggara belum dikirim. Imroatul Jamilah dinobatkan sebagai juara satu dengan nilai 454. Sedang Sofiyah mendapat juara tiga dengan nilai 414,” bebernya, Jum’at (15/1/2020)

Stop Rokok Ilegal Sumenep

Ghofur bilang, lomba tersebut digelar secara daring dan melibatkan banyak universitas di dunia. Mekanismenya, lanjut Ghofur, rekaman dari surah Quran yang dipersyaratkan panitia untuk dikirim, yakni Ar Rahman 1-14 untuk dinilai oleh para juri.

Baca Juga:  Wabup Jember: Tim IAIN Jember Membanggakan

Selanjutnya, para peserta diundang di forum Zoom Meeting untuk memastikan rekaman yang dikirim dan dinilai. “Sebenarnya banyak dari kampus IAIN Madura, namun jaringan internasional atau tim saya itu butuhnya segera. Jadi dalam waktu hanya dua hari saja dan terkumpul berapa mahasiswa yang siap rekaman, baru dilakukan seleksi oleh kampus. Setelah itu baru kami kirim ke panitia di Pakistan,” terang Ghofur.

Ghofur menambahkan, ada empat rekaman dari empat mahasiswa, yakni dua putra dan dua putri. “Alhamdulillah, yang putri masuk semua, dapat juara 1 dan 3,” jelansya.

Dia mengatakan, sebenarnya bukan kampus tempat mahasiswa belajar yang akan membesarkan namanya, namun mahasiawa sendirilah akan membesarkan kampusnya, secara nasional dan bahkan internasional. Kata Ghofur, tidak peduli belajar di kampus kota maupun di pelosok.

Baca Juga:  Yaspisan Gelar Pengajian Akbar

“Kepada dua mahasiswa yang dapat juara, saya berpesan, agar merawat potensi yang ada. Tetap rendah hati. Nah, kepada mahasiswa secara umum, tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha. Selalu memanfaatkan kesempatan, karena kesempatan tidak akan datang dua kali,” ungkap Ghofur.

Mohammad Kosim, Rektor IAIN Madura mengapresiasi prestasi tersebut. “Selamat atas prestasi membanggakan nanda Imroatul Jamilah dan Sofiyah. Semoga mendapat barokah Quran,” tuturnya, Jum’at (15/1/2020).

Data akademik IAIN Madura mencatat, Imroatul Jamilah merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Sedang Sofiyah tercatat sebagai mahasiswa Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Reporter: Gafur

Redaktur: Zul

Stop Rokok Ilegal
  • Bagikan
WhatsApp chat