oleh

Rakercab 2021 GP Ansor Pamekasan: Tegak Mandiri untuk NKRI

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan –  Pimpinan Cabang GP Ansor Pamekasan akan melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke-3 untuk penataan dan penyusunan program kegiatan PC GP Ansor Pamekasan tahun 2021. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara luring dan daring pada 24 Januari 2021.

Arah gerakan PC Ansor Pamekasan tahun 2021 tertuang dalam tema Rakercab “Tegak Mandiri Untuk NKRI” dimaksudkan sebagai upaya dan gerakan agar seluruh kader-kader Ansor Pamekasan memahami tugas dan perannya dalam menjaga kesatuan NKRI sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Sebagai bekal pengayaan menempa potensi diri kader Ansor dan peran kader terjalin dengan baik, Rakercab kali ini juga telah mempersiapkan forum khusus dengan nama Relationship and Business Forum.

“Forum tersebut sebagai iktikad meningkatkan peran pemuda di daerah pengabdian mereka di berbagai sektor. Kebetulan PC Ansor Pamekasan akan melaksanakan MoU dengan KONI Pamekasan dan FORMI Pamekasan dalam upaya meningkatkan peran serta pemuda di bidang olahraga di tingkat Kecamatan dan desa-desa secara legal dan memiliki hierarki pembinaan jelas dan formal,” jelas Ketua PC GP Ansor Pamekasan Syafiudin, Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga:  Hendak Pulang Lebaran, Pria Ini Tewas di Kebun Jeruk

Untuk sektor usaha, PC GP Ansor juga akan melaksanakan MoU dengan Cakwe Cak Tigor. Menurut Syafiuddin, kebetulan ownernya, Wahyu Pintarko layak dijadikan inspirasi dan spirit atas kegigihannya berdaya saat wabah Covid 19.

“Pada awal Covid 19 di Maret lalu, Cak Wahyu mengawali usaha Cakwe Cak Tigor. Hingga kini, Cak Wahyu sudah memiliki 6 cabang kios dan beberapa pemuda dari berbagai daerah belajar disana dan diajari secara sukarela dan kebetulan Ansor Pamekasan disambut dengan baik dan beliau bersedia membimbing kader ansor yg ingin menjalankan usaha secara mandiri,” ungkap mantan aktivis PMII tersebut.

Baca Juga:  MTsN 3 Pamekasan Lakukan Studi Kriminal ke Lapas

Selain itu, ada juga kader Ansor di Bangkalan yang berhasil dan sukses menjalankan usaha laundry premium dan sudah memiliki jaringan usaha laundry mandiri dengan membuka beberapa cabang di Jawa Timur.

“Jika unit usaha ini dianggap kecil oleh sebagian pelaku usaha, kami justru memiliki pandangan bahwa unit usaha kecil tersebut adalah unit usaha besar. Tasya Laundry Premium yang dijalankan oleh Cak Miftah. Beliau juga siap memberikan bimbingan teknis bagi kader ansor Pamekasan untuk yang berkehendak pada minat usaha laundry premium,” papar Syafi’, sapaan akrabnya.

“Tentunya, terdapat beberapa unit usaha lainnya yang sudah memastikan siap menjadi lumbung belajar bagi kader-kader ansor Pamekasan dalam upaya meningkatkan kemandirian agar mampu menjaga tegaknya NKRI,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul