Bupati Sampang Minta Kader HMI Jadi Mitra Pembangunan Intelektual

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Sampang – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menghadiri acara pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Sampang periode 2021 – 2022 di Pendopo Agung Trunojoyo Sampang, Jumat (12/3/2021).

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan dan Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), termasuk Kepala Disporabudpar Sampang.

Acara yang megangkat tema “Membangun Solidaritas dan Sinergitas Kader HMI Untuk Menjawab Problematika Keumatan dan Kebangsaan” itu juga dihadiri perwakilan PB HMI, Perwakilan Badko HMI Jawa Timur, MD KAHMI Sampang dan puluhan Kader HMI Cabang Persiapan Kabupaten Sampang.

Dalam sambutannya di depan kader HMI, Bupati Sampang menyampaikan harapan kepada HMI dan Kohati Cabang Persiapan Sampang untuk menjadi mitra pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas intelektual.

Dikatakannya, adanya ruang bagi mahasiswa untuk berserikat dan berorganisasi merupakan salah satu indikator sehatnya kehidupan demokrasi di Kabupaten Sampang. Sehingga melalui wadah organisasi mahasiswa bisa memperoleh ilmu yang tidak diajarkan di bangku kuliah, yaitu ilmu kepemimpinan, bekerja sama, bermasyarakat maupun softskill lainnya.

Baca Juga:  Bupati Slamet Junaidi Sentil Guru ASN Sampang yang Datang ke Sekolah hanya untuk Ngisi Absensi

“Kami sepenuhnya menyadari bahwa membangun Sampang bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah sehingga perlu dukungan, masukan, dorongan, dan kontribusi para pemuda dan mahasiswa,” kata H. Slamet Junaidi.

“Karena itu, kami mendukung eksistensi HMI di Sampang sebagai salah satu kekuatan kontrol terhadap jalannya roda pemerintahan dan pembangunan melalui sisi intelektual kemahasiswaan yang mumpuni,” imbuhnya.

Bupati Sampang berharap, sesuai tema pelantikan, yaitu membangun solidaritas dan sinergitas kader HMI untuk menjawab problematika keumatan dan kebangsaan, diharapkan kepengurusan yang baru dilantik merupakan figur-figur yang merepresentasikan seluruh elemen Sampang sehingga mampu merekatkan hubungan dan memperkuat sinergi antar kader.

“Pastikan bahwa konsolidasi internal di tubuh Sampang tuntas, sehingga HMI mampu berkiprah di tataran yang lebih luas,” harapnya.

Baca Juga:  RSMZ Sampang Rayakan Hari Jadi yang ke-47, Bupati Idi: Kita Akan Bangun Megah untuk Jadi Rujukan di Madura

Lebih lanjut, pihaknya juga berpesan agar HMI tetap konsisten sebagai salah satu organisasi yang bercorak intelektual dan kritis, jangan lupakan catatan historis HMI yang selalu terlibat dalam dinamika kebangsaan. Tetap mengedepankan nilai-nilai demokrasi, keislaman dan etika.

“Semoga pengurus yang baru dilantik bisa mengemban amanah sebaik-baiknya membawa diri organisasi ke arah progresifitas dan kemajuan,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum HMI Cabang Persiapan Kabupaten Sampang Fitri Annisa menyampaikan jika perjalanan panjang telah dilalui hingga sampai berada di titik saat ini. Namun karena komitmen bersama sehingga Cabang Persiapan Kabupaten Sampang bisa melaluinya hingga dilaksanakannya pelantikan pengurus yang perdana tersebut.

“Semoga dalam kepengurusan Cabang Persiapan Sampang akan menjadi Cabang Penuh,” katanya.

Pihaknya juga akan terus menjalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah untuk mengawal pembangunan Kabupaten demi terwujudnya visi Hebat Bermartabat.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul