News  

Jelas Bermanfaat, Ada Desa Butuh Tambahan Mobil Sigap

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Masyarakat Pamekasan, Jawa Timur merasakan manfaat program layanan kesehatan melalui ‘Pamekasan Call Care’ (PCC) yang digagas Bupati H. Baddrut Tamam.

Kasi Pemerintahan Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Nasrullah mengungkapkan, pihaknya sangat merasakan manfaat mobil sigap (siaga, tanggap, peduli) dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bahkan, desanya yang memiliki jumlah penduduk cukup banyak merasa kurang apabila hanya ada satu mobil sigap tersebut.

Dia menceritakan, pada dasarnya Desa Blumbungan memiliki dua mobil layanan kesehatan. Satu mobil sehat yang dibeli pemerintah desa dikelola oleh polindes untuk pelayanan ibu hamil, dan satu mobil sigap yang diberi pemerintah kabupaten (pemkab).

Banner Iklan Media Jatim

“Sebenarnya Desa Blumbungan itu mempunyai dua mobil ambulance, tetapi karena jumlah penduduknya cukup banyak yang mencapai 19.044 jiwa, maka keberadaan mobil sigap itu sangat dirasakan manfaatnya, sangat berdampak pada layanan kesehatan di Desa Blumbungan,” katanya, Sabtu (13/3/2021).

Baca Juga:  RBT Ungkap Alasan Masyarakat Pantura Harus Pilih Berbaur

Pria yang akrab disapa Anas itu menambahkan, Desa Blumbungan memiliki enam belas dusun yang setiap dusun jumlah penduduknya cukup padat yakni mencapai sebanyak 5.923 KK.

Menurutnya, sebanyak 5.923 KK tersebut secara keseluruhan berjumlah 19.044 jiwa dengan rincian, laki-laki berjumlah 9.131 jiwa, dan perempuam berjumlah 9.913. Jumlah jiwa yang sangat banyak tersebut membuat pelayanan kesehatan harus prima.

“Dari jumlah penduduk itu, jika hanya ada dua armada kesehatan, ini sangat dirasa kurang. Misalnya, satu mobil untuk orang sakit, satu mobil untuk ibu hamil dan satu mobil untuk janazah, idealnya begitu,” tandasnya.

Baca Juga:  Batik Toket Go Internasional, Bupati Pamekasan Sukses Gerakkan Ekonomi Rakyat

Dia mengaku, pihaknya akan tetap memaksimalkan dua armada tersebut dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Namun yang pasti, pemberian mobil sigap oleh Bupati Baddrut Tamam sangat membantu pelayanan desa.

“Masyarakat betul betul merasakan keberadaan mobil sigap itu,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul