Iklan Stop Rokok Ilegal Sumenep

Agar Tak Bergolak, Hermawan Kertajaya Sarankan 2022 Pamekasan Bebas Covid

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Ada yang menarik disarankan oleh pakar statistik Surabaya Hermawan Kertajaya pada Pemkab Pamekasan. Dia mengatakan tahun 2022 ini adalah fase pemulihan ekonomi dan Covid-19 juga harus tuntas pada tahun ini juga. Sehingga pada tahun 2022 menjadi momentum startting untuk mendorong pertumbuhan lagi.

Hermawan Kertajaya mengungkapkan hal itu saat memberikan pengarahan secara virtual kepada peserta Musrenbamg RKPD tahunn 2022 Pemkab Pamekasan, Rabu (17/3/21). Pakar statistic ini memang selalu rutin diundang oleh Pemkab Pamekasan untuk memberikan masukan jika tengah merumuskan kebijakan perencanaan pembangunan.

Stop Rokok Ilegal Sumenep

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Bappeda Pamekasan Drs Taufiqurrahman MSi, Hermawan Kertajaya mengatakan Covid-19 pada tahun 2022 harus tuntas. Karena itu harus ada langkah penanganan massal, misalnya vaksinasi harus tuntas, sehingga focus 2022 adalah starting untuk mendorong pertumbuhan lagi.

”Sinyal yang disampaikan Pak Hermawan Kertajaya, itu berdasarkan prediksi ahli, jika tahunn 2023 kita tidak entas dari masalah covid ini dikhawatirkan terjadi gejolak social, karena kalau tidak tumbuh terus kan ada resesi, dikhawatirkan di 2023 di 2024 ada gejolak social, oleh karena itu 2022 harus tuntas ini,” ungkap Taufiq.

Baca Juga:  Permintaan Susu Kambing di Pacitan Meningkat Hingga Di Atas 10%

Program utamanya yang harus dijalankan, kata Taufiq, tetap masalah 10 program bupati, yang disempurnakan dengan beberapa penguatan penguatan. Karena secara esensi sudah masuk semua untuk penguatan pertumbuhan itu dalam 10 program Bupati diantaranya Wira UsahaBaru, kredit nol persen dan lain sebagainya.

Sesuai dengan saran Hermawan Kertajawa, lanjut Taufiq, di Pamekasan tahun 2021 Covid-19 tuntas dengan vaksinasi, sehingga diakhir 2022 mentargetkan beberapa indicator akan naik. Pertumbuhan ditargetkan di 4 keatas, sesuai target yang ada di RPJMD.

“Tahun 2022 merupakan momentum, memulihkan dengan demikian harapannya pada tahun 2023 sudah normal,” katanya.

Khusus Musrenbang RKPD tahu 2022 ini, kata Taufiq, adalah rencana menjalankan program tahun ke 4 RPJMD yang dibuat Bupati Badrut Tamam diawal kepemimpinannya. Dalam RPJMD itu ada visi misi yang didalamnya ada rencana 5 tahun pembangunan.
“Jadi intinya ini menerima masukan masukan baik dari masyarakat ormas dan sebagainya untuk memperkaya sudut pandang rencana kita di 2022,” tegasnya.

Baca Juga:  Jelas Bermanfaat, Ada Desa Butuh Tambahan Mobil Sigap

Dalam RPJMD 2018-2023, kata Taufiq, pada RKPD tahun ke empat sudah ada targetnya, tetapi target itu masih target sebelum covid, sehingga perlu ada penyesuaian. Karena itu nanti RPJMD nya dirubah dalam musyawarah. Tentang lima prioritas pembangunan tetap hanya disesuaikan kondisi.
Potensi potensi apa yang akan ditonjolkan? Kalau diliat poin pentingnya ada dua hal yang bisa ditonjolkan. Sesuai dengan tema Musrenbang RKPD tahun 2022 mendatang yakni memantapkan stabilitas ekonomi kesehatan guna mendorong pertumbuhan ekonomi, maka kedua penggeraknya pertama adalah pemulihan ekonomi dan pemulihan kesehatan.

Untuk mencapai itu, kata Taufiq, penunjangnya adalah penguatan reformasi birokrasi pemerintah dan peningkatan kualitas infrastruktur. Pembangun infrastruktur tetap jalan, tapi dalam rangka pemulihan ekonomi dan kesehatan, dan pemulihan kesehatan ini untuk pemulihan ekonomi peningkatan nilai sector unggulan, inkulisuf berbasis kewilayahan, mengurangi kesenjangan pengangguran, WUB dan sebagainya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul

Stop Rokok Ilegal
  • Bagikan
WhatsApp chat