MSFC DISPLAY WEB

LKSG Kohati Fapet Brawijaya: Upaya Mendidik Perempuan Bisa Perperan Aktif dalam Segala Sektor

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Malang – Korps HMI-Wati (KOHATI) Cabang Malang Koodinator Komisariat (KORKOM) Brawijaya Komisariat Peternakan menggelar Latihan Kader Sensitif Gender (LKSG) Tingkat Regional Jawa Timur.

LKSG ini adalah implementasi dari upaya Kohati Komisariat Peternakan Brawijaya untuk mendidik kaum perempuan untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan di segala sektor.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Kohati Komisariat Peternakan Brawijaya, Suci Puji Lestari pada acara opening ceremony LKSG di Gedung Graha Yakusa, Jl. KH.Hasyim Asy’ari NO.159, Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Kamis (01/04/2021) kemarin.

Suci Puji Lestari juga menyampaikan, adanya kegiatan LKSG ini berfungsi sebagai kegiatan non formal sebagaimana dijelaskan pada Pedoman Dasar Kohati (PDK) bahwa kohati memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman gender terhadap kaum perempuan dan laki laki terkhusus pada HMI-Wan dan HMI-W.ati.

Baca Juga:  Gelar Kirab Goceng Kongres, PMII Jawa Timur Galang Dana di Pacitan

“Tujuannya kegiatan ini dapat menunjang goals untuk mengatasi permasalah gender yang akan mengantarkan pola pikir kader HMI, membuat sebuah kebijakan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam menjawab problematika keumatan dan kebangsaaan di era milenial,” tuturnya.

Selain itu, kata Suci, sejumlah kegiatan dalam peningkatan peran perempuan hari ini banyak tidak maksimal, sehingga mengakibatkan beban berganda-ganda bagi perempuan tanpa hasil yang menguatkan kedudukan perempuan itu sendiri.

“Ketimpangan gender sering kali sangat sulit untuk diperkarakan karena berbagai hal. Oleh karenanya perlu pemahaman gender agar sesuai dengan goals dari keadilan gender sendiri dengan melalui kegiatan face to face seperti ini,” kata perempuan berparas cantik tersebut.

Lebih lanjut, Suci menyatakan, di era saat ini biasanya kerap kali terjadi ketidakadilan terhadap oleh perempuan, terutama ketidakadilan dalam dunia pendidikan.

Baca Juga:  HIMASPA Pamekasan Sukses Peringati Isra’ Mi’raj

“Sehingga LKSG ini tetap dilaksanakan walaupun ditengah pandemi covid 19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

Banner Iklan Media Jatim

Sementara itu, Sekretaris Umum Kohati Komisariat Peternakan Brawijaya, Alif Oktavina Nurjannah mengungkapkan, di tengah kondisi pandemi covid 19 ini, peserta LKSG tetap diharapkan bisa mengambil pemahaman kesetaraan dan keadilan gender dengan sebuah strategi pembangunan disegala lini sehingga dapat diterapkan di cabangnya masing-masing.

“Dengan adanya LKSG ini semoga dapat menjadi motivasi untuk komisariat, korkom, dan cabang yang lain agar tetap semangat mengadakan kegiatan gender meskipun kita sedang menghadapi pandemi covid 19,” harapnya.

Diketahui, kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta Se-Jawa Timur ini akan berlangsung selama 3 hari, dimulai Kamis (01/02/2021) hingga Sabtu (03/04/2021).

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul