oleh

Barikade Gus Dur di Jember Resmi Terbentuk

MEDIAJATIM.COM | Jember – Satu lagi organisasi kemasyarakatan hadir di Jember. Yaitu Barisan Kader Gus Dur, atau biasa disingkat Barikade Gus Dur. Kepengurusan DPC Barikade Gus Dur Kabupaten Jember periode 2021-2026 secara resmi dilantik oleh DPP Barikade Gus Dur di Pendopo Wahyawibawagraha, Jember di sela-sela Diskusi Kebangsaan Lintas Agama di tempat yang sama, Sabtu (3/4/2021).

Menurut Ketua Dewan Pembina DPC Barikade Gus Dur Kabupaten Jember, KH Suhermin Abdul Muhaimin, Barikade Gus Dur, hadir bukan untuk tujuan politik, tapi semata-mata untuk mengawal dan meneruskan perjuangan Gus Dur dalam bidang sosial, budaya dan politik.

“Sesuai dengan visi-misinya, Barikade Gus Dur hadir untuk mengawal dan meneruskan perjuangan Gus Dur dalam bidang sosial, budaya dan politik,” ucapnya di sela-sela pelantikan DPC Barikade Gus Dur Kabupaten Jember.

Kiai Muhaimin, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa Gus Dur merupakan sosok pemimpin yang kaya dengan gagasan-gagasan cemerlang dalam banyak tema. Gagasan-gagasan tersebut perlu diperjuangkan agar Indonesia maju tanpa harus kehilangan jati dirinya.

Baca Juga:  IPNU-IPPNU Kadur Bagikan 200 Paket Takjil

“Barikade Gus Dur harus berada di garda terdepan utuk memperjuangkan pemikiran Gus Dur,” jelasnya.

Mantan Wakil Sekretaris PCNU Jember dua periode itu, menegaskan tekadnya untuk berkhidmah di Barikade Gus Dur. Baginya memperjuangkan gagasan dan pemikiran Gus Dur adalah sebuah keniscayaan demi Indonesia yang damai, maju, berdaulat dan menjunjung tinggi toleransi.

“Lebih-lebih saat ini di saat toleransi semakin luntur, aktualitas gagasan Gus Dur benar-benar dibutuhkan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPW Barikade Gus Dur Jawa Timur, Ahmad Arizal menyatakan keyakinannya bahwa Barikade Gus Dur Kabupaten Jember akan berkembang pesat, dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat dan umat.

“Teruslah memberi manfaat, sebagaimana Gus Dur memberi manfaat kepada bangsa dan negara,” ujarnya saat meresmikan kantor DPC Barikade Gus Dur yang berlokasi di Jalan Manggar, Gebang, Kecamatan Patrang, Jember, Sabtu (3/4).

Baca Juga:  Perangi Narkoba, Kantor BNNK Pasuruan Diresmikan

Menurut Ahmad Arizal, saat ini kepengurusan Barikade Gus Dur sudah terbentuk di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Katanya, DPW Barikade Gus Dur Jawa Timur menggelar road show ke daerah-daerah guna melantik atau konsolidasi dengan kepengurusan Barikade Gus Dur.

“Jember ini adalah daerah yang kedua yang kami kunjungi setelah Karesidenan Madiun yang ditaruh di Ponorogo, Maret 2021. Jember kami jadikan pilot projeck,” ungkapnya.

Pelantikan DPC Barikade Gus Dur Kabupaten Jember dilakukan oleh Wakil Ketua Umum DPP Barikade Gus Dur, Sudarsono. Dalam kepengurusan itu, Ketua Dewan Penasehat DPC Barikade Gus Dur dipercayakan kepada KH Firjaun Barlaman, Ketua Dewan Pembina, KH Suhermin Abdul Muhaimin, Ketua DPC Barikade Gus Dur dijabat oleh KH Zawawi Salim, Sekretaris dipegang oleh H Sanusi Muhtar Fadilah, dan bendahara dijabat oleh H Mashun.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6