oleh

Ahsan Retas Jalan Anggotanya Jadi Pengusaha

MEDIAJATIM.COM | Jember – Setiap orang mempunyai potensi untuk maju, namun tergantung kepada niat dan keberanian yang bersangkutan. Demikian diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Harokah Santri Nasional (Ahsan) Jember Jawa Timur, H Slamet Sulistiyono saat memberikan sambutan dalam acara Safari Ramadhan Ahsan di Desa Suren, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Kamis (21/4).

Menurutnya, maju dan tidaknya berusaha, tidak hanya bergantung kepada pendidikan dan modal yang banyak, tapi juga niat dan keberanian dalam mengambil keputusan. Sebab, nyatanya tidak sedikit orang yang sukses menjadi pengusaha padahal pendidikannya cuma lulus SMA atau bahkan SD.

Baca Juga:  TKI Banyuwangi Meninggal Dunia di Taiwan

“Banyak contohnya pengusaha sukses padahal dia cuma tamatan SD. Tapi dia berani untuk mencoba dan mencoba serta tidak putus asa,” jelasnya.

Walaupun demikian, kata H Slamet, sapaan akrabnya, bukan berarti pendidikan tidak penting, namun niat yang sungguh-sungguh, kemauan, dan keberanian untuk memulai usaha, sangat menentukan dalam sukses tidaknya seseorang menjadi pengusaha.

“Yang bisa mengubah nasib kita, ya kita sendiri, bukan orang lain,” urainya.

Bendahara MUI Kabupaten Jember itu menegaskan, Ahsan akan memberikan pendampingan dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam penanamn jagung dan beberapa jenis tanaman pangan dan holtikultura. Dikatakanya, Ahsan bekerja sama dengan PT Benih Citra Asia (BCA) mendapat kuota 100 hektare untuk penanaman jagung Betras.

Baca Juga:  Ifan: Bersyukur dan Berbagi, Kunci Kepuasan Jiwa

“Saya ingin meretas jalan bagi anggota Ahsan untuk menjadi pengusaha. Silahkan dimulai. Benih jagung dikasih gratis, harga jagung juga tetap, Rp4 ribu perkilogram. Tentu ini sangat prospektif. Segera mulai. Jangan banyak berpikir,” pungkasnya.

Reporter: Saedi

Redaktur: Sulaiman