Iklan Stop Rokok Ilegal Sumenep

Kembangkan Pertanian Modern, Pemdes Gagah Gandeng Pemuda

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Pertanian di Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan telah melangkah lebih maju dari sebelumnya. Kini, mereka mulai menanam padi tahap dua secara modern di kawasan Agrowisata Madura bersama pemuda setempat.

Upaya Desa Gagah untuk menumbuhkembangkan perekonomian melalui sektor pertanian betul-betul nyata. Terbukti dari mulai pembibitan hingga pasca panen, pihaknya melakukan dengan cara yang modern, seperti mekanisasi, transplanter (mesin tanam) dan lainnya.

Stop Rokok Ilegal Sumenep

“Kami terus mengoptimalkan fasilitas demi kemajuan pertanian di desa Gagah ini. Dilakukan mekanisasi agar dapat mengefisiensi biaya, bertani jadi lebih cepat dan menyenangkan,” tutur Kepala Desa Gagah Hendra Budi Krisna, Rabu (28/04/2021).

Selain itu, papar Kades Hendra, penanaman padi tahap dua yang dilangsungkan di sekitar area padi estate tersebut, diyakini akan menjadi era kebangkitan pertanian desa. Demi mewujudkan komitmen kesejahteraan bersama, pihaknya melibatkan pemuda desa untuk giat bertani dan melakukan inovasi-inovasi pertanian, seperti upgrading cara kerja melalui modernisasi pertanian.

Baca Juga:  Komunitas Peduli Anak Yatim Awali Kegiatan dengan Buka Bersama dan Santunan
Penanaman Bibit Padi secara modern. (Foto: Bahrul Rosi/MJ)

“Tentu ini akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Selama itu baik untuk kita semua, kami akan terus mensupport!. Alhamdulillah partisipasi dari berbagai stakeholder luar biasa,” imbuh Kades Muda itu.

Diketahui, setelah panen tahap pertama, Desa Gagah telah memiliki produk “Beras Gogo” yang didukung sarana produksi berkat kerjasama dengan beberapa pengusaha. Karenanya, saat ini pemasaran poduk tersebut sudah berjalan.

“Minimal jadi tolak ukur pertanian modern di Kabupaten Pamekasan, dan dapat menjadi patron bagi desa-desa yang lain untuk menggerakkan potensi desa,” terangnya.

Baca Juga:  Ketua PC GP Ansor Apresiasi Program Pamekasan Bershalawat

Sementara Pemuda Desa Gagah, Abd. Rosyid mengatakan, menyambut baik ikhtiar pemerintah desa dalam menumbuhkembangkan sektor pertanian dan mengaku mendapatkan kebanggaan yang luar biasa, telah dilibatkan dalam gerakan inovasi tersebut. Mengingat, lahan pertanian yang dimiliki desa Gagah cukup luas dan butuh tenaga enerjik dan inovatif untuk mengembangkannya.

“Terimakasih, terkhusus kepada bapak Kades Gagah, atas kepercayaan dan dukungannya. Semoga pemanfaatan lahan Agrowisata ini, bisa memajukan desa Gagah khususnya dan Pamekasan pada umumnya,” tukas Rosyid, sapaan akrabnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul

Stop Rokok Ilegal
  • Bagikan
WhatsApp chat