Halal Bihalal Virtual, Bupati Baddrut Ajak ASN Muhasabah dalam Melayani Masyarakat

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM, Pamekasan – Hari pertama masuk kerja pasca libur Idul Fitri 1442 H, Senin (17/5/21), Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam menggelar halal bihalal secara virtual dengan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Baddrut Tamam didampingi Sekda Totok Hartono dan para asisten di Ruang Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan.

Kegiatan ini dijadikan kesempatan oleh Baddrut Tamam memotivasi kembali jajaran ASN di lingkungan Pemkab Pamekasan untuk meningkatkan semangat kerja melayani masyarakat. Menurutnya, Idul Fitri adalah momentum untuk semakin meningkatkan semangat melayani masyarakat.

“Terima kasih kepada kita yang berkomitmen bekerja luar biasa, kepada kita semua yang mau berfikir dan bergerak bekerja dengan cara yang luar biasa. Komitmen bekerja luar biasa itu dimulai dari kita semuanya. Jika komitmen itu ada di hati pikiran kita insya Allah cita cita bisa tercapai,” katanya.

Sebagai ASN, kata Baddrut Tamam, harus memiliki pondasi semangat pelayanan yang baik, yaitu pelayanan yang bisa membawa seluruh masyarakat mendapatkan kebahagiaan. Karena itu untuk bisa memberikan pelayanan yang seperti itu, maka ASN harus profesional.

Baca Juga:  Используя близкую тактику а также взятый опыт игровой клуб Вулкан Платинум , около вас будет реальный возможность на успех

Dengan sikap profesional, lanjutnya, ASN tidak akan lagi berada diatas masyarakat, akan tetapi beriringan dengan seluruh elemen masyarakat untuk membangun bersama-sama. Jika partisipasi dan komitmen itu ada pada diri ASN, dia yakin Pamekasan ini akan makin baik.

Selain itu, Halal Bihalal juga merupakan sarana muhasabah atau introspeksi. Intropeksi penting untuk melihat seberapa besar kontribusi dan sumbangsih para ASN untuk kemajuan Pamekasan. Apakah sudah baik, sudah professional atau tidak. Introspeksi diri bisa memperbaiki kinerja agar semakin baik, inovatif dan produktif.

Halal Bihalal juga melahirkan memotivasi diri, akan model atmosfir pelayanan baru. Karena tugas kepemimpinan atau pelayanan yang paling penting adalah membawa pada suasana dimana semua berfikir untuk kemajuan yang termotivasi karena mau berintrospeksi dan mau memotivasi diri untuk bisa semakin baik.

“Dari cara begitulah kita akan bisa melahirkan satu cara baru, yang biasa kita sebut adalah inovasi kreasi untuk meninggalkan cara lama yang tidak produktif. Cara luar biasa, membangun atmosfir yang baru, membangun cara kerja yang produktif, membanguan kesetiakawanan yang lebih baik serta soliditas ASN,” katanya.

Baca Juga:  Pesan Khusus Mas Tamam untuk Duta Genre Pamekasan 2021

Produktifitas dan semangat meningkatkan pengabdian dan pelayanan, ungkap Baddrut Tamam, termasuk indikator ibadah puasa yang diterima oleh Allah SWT.

“Sebagian dari indikator bahwa Ramadhan kita betul-betul mampu mengantarkan produktivitas kerja dan kesalehan yang semakian baik,” jelasnya.

Kesalehan, kata Baddrut Tamam, tidak hanya bersifat privat saja. Karena hal itu akan sulit membangun perubahan. Tetapi jika kesalehan privat harus bergeser menjadi kesalehan social, kesalehan pemerintahan, kesalehan kesetiakawan, maka akan melahirkan sikiap profesioanl dan excellent.

Selain menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri dan saling memaafkan, Bupati Baddrut Tamam juga berdialog dan meminta para pimnpinan OPD dan jajarannya untuk meningkatkan semangat pelayanan dan berharap semua program yang telah tersusun tahun anggaran 2021 segera direalisasikan.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul