Iklan Stop Rokok Ilegal Sumenep

Massifkan Pendidikan Pancasila, Ini Gagasan Brilian Pimpinan DPRD Pamekasan

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Memassifkan pendidikan dini tentang Pancasila sebagai Dasar Negara sangatlah mendesak. Tidak hanya pada buku mata pelajaran, tetapi lebih praktis semisal di Hari Pancasila mengadakan upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua DPRD Pamekasan Syafiuddin menyikapi momentum Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021. Pihaknya menghendaki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menyeriusi hal tersebut.

Stop Rokok Ilegal Sumenep

“Selain mengadakan upacara Hari Kesaktian Pancasila, bisa juga menghafal lima sila Pancasila untuk kalangan anak TK dan di atasnya. Utamanya anak-anak SD,” tegas Ketua PC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan itu.

Di masa Syafiuddin sekolah dan saat menjadi guru, biasanya di Hari Pancasila ada tugas untuk menghafal Indonesia Raya, menghafal teks Pancasila, arti Pancasila. Bahkan, lomba menghafal Pancasila.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Harapkan Santri Jaga Pola Hidup Sehat

Anak-anak SD, ungkap Syafiuddin, dulu hafal lagu-lagu penting, Garuda Pancasila/ Aku lah pendukungmu// Patriot proklamasi/ Setia berkorban untukmu// Pancasila dasar negara/ dst.

“Nah, itu masa saya sekolah diwajibkan menghafalnya. Jadi hari ini penting anak SD diminta menghafal, tingkat SLTP misalnya mengartikan makna Pancasila sebagai dasar negara, sebagai landasan ideal berbangsa dan bernegara,” tegas Sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pamekasan itu.

Untuk anak SLTA, tegas Syafiuddin, misalnya menarasikan apa pentingnya dan peran kita untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Pihaknya mengira itu sangat penting.
Apalagi, tambahnya, pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 24 Tahun 2016, Jokowi sudah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Itu penting bagaimana Disdikbud Pamekasan menggali atau membumikan Pancasila, baik dengan menghafal teks Pancasila atau pun mengartikannya.

Baca Juga:  Keterangan Kapolsek Kabat Soal Potongan Kaki yang Menggemparkan

“Kalangan pejabat pemerintah dan oknum Anggota DPR RI yang tidak hafal teks Pancasila ketika dites, apalagi kalangan artis dan seluruh elemen masyarakat diupayakan dapat membumikan Pancasila. Tidak pada konteks hanya menghafal, tapi juga memaknai sekaligus menguatkan Pancasila sebagai Dasar Negara,” tegasnya.

Reporter: Imam Syafii

Redaktur: Zul

Stop Rokok Ilegal
  • Bagikan
WhatsApp chat