Refleksi Hari Lahir Pancasila, ALIMKA Angkat Isu Kebangsaan

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Sumenep – Dalam rangka merefleksikan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, Aliansi Mahasiswa Kapedi (Alimka) gelar kajian Kebangsaan yang bertajuk “Refleksi Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2021”.

Kajian itu bertempat di Desa Kapedi, Dusun Aeng Pa’ak, Kecamatan Bluto, Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Selasa (01/06/2021).

Dalam kajian ini, panitia mengundang Zeyn Ar-Rahman mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia sebagai pemateri dan dipandu langsung oleh Mufti Umam Al-Fajri selaku mahasiswa IAIN Madura.

Tampak hadir, Ketua Umum Alimka, puluhan mahasiswa Kapedi, dan Guru Instruktur Metode Tilawati mengikuti kajian tersebut.

Baca Juga:  Rekatkan Umat Melalui Media, LPM Al-Fikrah Adakan Diklat Jurnalistik

Ketua Umum Alimka, Moh. Anwar mengatakan tujuan diadakan kajian kebangsaan tersebut agar mahasiswa dapat mengingat kembali hari lahir Pancasila.

“Bagaimana kita sebagai mahasiswa sebagai pemuda ini agar tetap melestarikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila untuk Indonesia lebih bermartabat,” kata Anwar.

Kader HMI Komisariat Insan Cita IAIN Madura ini juga menyatakan, bahwa mahasiswa maupun pemuda agar dapat menumbuhkan semangat juangnya dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila.

“Sehingga, cita-cita luhur yang menjadi tujuan dari Pancasila itu sendiri tertanam, khususnya untuk para pemuda dan umumnya masyarakat luas,” jelasnya.

Baca Juga:  Bahas LKPJ Bupati 2022, Ketua Komisi I DPRD Sumenep Kritik Kinerja DLH

Sementara itu, pemateri Zeyn Ar-Rahman dalam penyampaiannya berpesan kepada mahasiswa maupun pemuda di Desa Kapedi agar dapat merefleksikan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga dapat mengenang jasa pahlawan sebagai penghargaan besar kita terhadap mereka yang telah memperjuangkan Indonesia, karena berkat pahlawan Indonesia pula dapat dirumuskanlah dasar negara yaitu Pancasila,” pungkasnya.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul