NU Lumajang: UIN KHAS Jember Harus Jaga Nama Besar KH Achmad Siddiq

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Lumajang – Ketua PCNU Lumajang, Jawa Timur, KH Muhammad Mas’ud menyambut baik rencana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember untuk mendirikan sejumlah fakultas di daerah tersebut. Pasalnya, UIN KHAS Jember mengusung nama besar KH Achmad Siddiq sehingga diharapkan kelak akan lahir calon pemimpin yang mampu menerjemahkan sekaligus mengaplikasikan pemikiran kiai yang berjasa dalam ‘mendamaikan’ hubungan Pancasila-Islam itu.

Menurutnya, KH Achmad Siddiq dan NU mempunyai kontribusi besar bagi terciptanya kehidupan bangsa yang moderat dan menjunjung tinggi toleransi beragama. Nasionalismenya yang tinggi dengan konsep wasathiyah yang menjadi salah satu tonggak pemikiran KH Achmad Siddiq, mampu meruntuhkan keangkuhan-keangkuhan sikap dari anasir bangsa yang bersandar pada primordialisme. Maka, UIN KHAS Jember harus menginspirasi untuk mencetak generasi-generasi KH Achmad Siddiq di daerah-daerah.

Baca Juga:  Presdir PT BCA Nahkoda Baru AHSAN Jember

“UIN KHAS Jember telah memasang nama besar KH Achmad Siddiq, maka perguruan tinggi ini harus merepresentasikan bagaimana kebesaran tokoh tersebut, dan bisa melahirkan KH Achmad Siddiq zaman sekarang” ujar Gus Mas’ud, sapaan akrabnya, di Lumajang, Sabtu (5/6/2021).

Dikatakannya, Jember dan Lumajang beda daerah tapi masih ‘satu halaman’. Karena itu, ia menyatakan gembira dengan rencana UIN KHAS Jember untuk mendirikan sejumlah fakultas di wilayah Kabupaten Lumajang. Dengan begitu, penguatan Islam moderat, Islam Nusantara dan sebagainya akan semakin kokoh dalam skala lintas Kabupaten.

“Prospek penguatan Islam yang rahmatan lil’alamin lintas kabupaten (Jember-Lumajang) semakin bagus,” tambahnya.

Seperti diketahui, setelah resmi berubah status, UIN KHAS Jember akan mendirikan sejumlah fakultas ilmu umum. Ini sebagai konsekuensi dari status kelembagaan yang sudah menyandang nama universitas. Salah satunya adalah Fakultas Teknik yang akan didirikan di Kabupaten Lumajang. Fakultas teknik meliputi teknik lingkungan hidup, teknik kehutanan, teknik pertanian, dan sebagainya.

Baca Juga:  Pemdes Pagutan Salurkan BLT-DD Tahap III, Tahap Selanjutnya Tunggu Regulasi

Menurut Rektor UIN KHAS Jember, H Babun Suharto, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk meminta lahan seluas 100 hektare buat pengembangan kampus UIN KHAS Jember.

“Kami sudah mengajukan permohonan kepada pihak-pihak terkait untuk tanah itu, insyaallah dalam waktu dekat sudah clear,” ujarnya belum lama ini saat syukuran di gedung UIN KHAS Jember.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat